Saat ini kebanyakan perusahaan masih menjalankan operasional bisnis secara remote working. Remote working tentunya bukan hanya mampu menjadi sekedar kebijakan sementara selama masa pandemi melanda, tapi juga menjadi sebuah titik revolusi bagi dunia kerja di masa mendatang. Pekerjaan yang sebelumnya harus dilakukan di kantor saat ini bisa dilakukan di mana saja dengan bantuan teknologi.

Dalam bidang audit, meskipun banyak informasi sudah dihasilkan dalam format digital, banyak perusahaan yang belum melakukan perkembangan teknologi di perusahaan secara lebih jauh. Untuk mendukung proses remote working yang lebih efektif, maka perusahaan perlu untuk melakukan digitalisasi untuk mampu mencapai operasional yang berkelanjutan, berskala besar, serta konsisten. Selama menjalani bisnis dari masa krisis menuju ke masa pemulihan, perusahaan perlu untuk Kembali melihat aplikasi mereka dan meninjau bagaimana kapabilitas yang dimiliki, karena mungkin saja komponen kunci perubahan dalam dunia digital sudah dimiliki oleh perusahaan. Hal-hal seperti mempersiapkan alur kerja serta kontrol atas dokumentasi dengan pemikiran seorang “digital reviewer” mampu memberikan peningkatan kualitas seiring dengan kesesuaian biaya yang dimiliki. Contoh lainnya adalah pengumpulan bukti audit dengan sarana digital, seperti pemberian tanda centang digital mampu membantu tim untuk mengurangi penggunaan waktu dan mengurangi beban tim.

Strategi kunci lainnya adalah untuk melakukan pengembangan atas strategi terkait data, yang mencakup arsitektur, keamanan, aturan pembatasan untuk konsistensi, serta kasus yang terencana, sehingga data mampu terlindungi dan secara konstan dievaluasi untuk memberikan sudut pandang dan peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Dalam remote work, sistem dan jaringan juga mengharuskan pengujian atas kemananan, konektivitas, serta kemampuan kritis. Perusahaan juga perlu mennyediakan pebelajaran berkelanjutan termasuk bertanya kepada para profesional terkait dengan lingkungan mereka dan melakukan pelatihan atas perencanaan scenario yang bisa dilakukan.

Sumber:

  • Deloitte. (n.d.). Deloitte. Retrieved from Deloitte: https://www2.deloitte.com/us/en/pages/audit/articles/three-insights-for-remote-auditing.

Image Sources: Google Images