Bank adalah organisasi global yang kompleks yang terlibat dalam berbagai jenis kegiatan. Saat ini, bank-bank besar dunia terlibat dalam berbagai aktifitas, seperti: 

  1. Mengambil simpanan 
  2. Memberikan pinjaman
  3. Penjaminan sekuritas
  4. Perdagangan
  5. Menyediakan layanan broker
  6. Menyediakan layanan fidusia
  7. Memberi nasihat tentang berbagai masalah keuangan perusahaan
  8. Menawarkan reksa dana
  9. Menyediakan layanan untuk dana lindung nilai
  10. dan sebagainya

Ada potensi konflik kepentingan dan bank mengembangkan aturan internal untuk menghindarinya. Penting bagi manajer senior untuk waspada dalam memastikan bahwa karyawan mematuhi peraturan ini. Biaya dalam hal reputasi, tuntutan hukum, dan denda dari perilaku yang tidak pantas di mana satu klien (atau bank) diuntungkan dengan mengorbankan klien lain bisa sangat besar. Sekarang ada perjanjian internasional tentang regulasi bank. Ini berarti bahwa bank harus menyimpan modal agar risiko yang mereka tanggung tidak terlalu bervariasi dari satu negara ke negara lain. Banyak negara memiliki program penjaminan yang melindungi deposan kecil dari kerugian yang timbul dari kegagalan bank.  

Hal ini berdampak pada terjaganya kepercayaan terhadap sistem perbankan dan terhindar dari penarikan simpanan secara massal ketika ada berita negatif (atau mungkin hanya rumor) tentang masalah yang dihadapi bank tertentu. 

Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada sumber yang ada dari buku “Risk Management and Financial Institution” 

Image Sources: Google Images