Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Mengelola UKM (Usaha Kecil dan Menengah) tentunya tidak pernah lepas dari berbagai rintangan supaya bisa selalu bertahan dan semakin berkembang. Layaknya bentuk-bentuk badan usaha lainnya, pengelolaan administrasi pegawai pastinya tak boleh terhindar dari perhatian. Pengelolaan administrasi pegawai bisa dimaksimalkan dengan cara penggunaan HR Software Indonesia pilihan. Selain efektif untuk dipakai oleh perusahaan besar, aplikasi sejenis ini juga sangat cocok untuk pekerja UKM.

Penyebabnya yaitu pekerja UKM tidak harus mendistribusikan biaya yang besar untuk pengadaan perangkat tambahan ataupun pengelolaan. Hal tersebut karena aplikasi sejenis ini ditunjang dengan menggunakan teknologi cloud yang mengizinkan penyimpanan data melalui koneksi internet. Bagi Anda para pekerja UKM, sangat diperlukan kenali beberapa fitur unggulan HR Software Indonesia berikut.

Database Guna Efektivitas Administrasi

Kebanyakan fungsi dari aplikasi HR yaitu untuk pengelolaan teerhadap data-data para pegawai. Secara singkat, HR Software Indonesia menyediakan kemudahan dalam melakukan pembaruan dan presentasi data-data yang penting terkait dengan informasi pegawai. Pengelola administrasi bisa dengan mudah melakukan pemasukan atau input data setelah rekrutmen pegawai. Beragam kebijakan terhadap organisasi ataupun perusahaan bisa disimpan untuk kemudian diketahui oleh para pegawai yang mempunyai kepentingan. Semuanya bisa dikerjakan hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan perangkat umum tambahan seperti komputer atau laptop bahkan smartphone. UKM yang Anda kelola hanya perlu membuat akun khusus yang telah dilengkapi password sehingga keamanan data terkait perusahaan pun menjadi terjamin

Kemudahan dalam pengelolaan data-data administrasi sejenis ini tak dipungkiri mampu meningkatkan efektivitas kinerja UKM yang Anda kelola. Layanan HR Software Indonesia mampu membuat data-data tersebut terintegrasi dengan sedemikian rupa. Kemampuan sejenis ini tentu bisa sangat memudahkan Anda pada saat ingin mengerjakan pembuatan laporan secara berkala. Anda juga bisa mendistribusikan waktu lebih untuk mengembangkan UKM yang Anda kelola.

Mampu Mempermudah Pencatatan serta Penghitungan Upah Menggunakan Fitur Payroll

HR Software Indonesia unggulan menyediakan fitur payroll yang dapat disesuaikan dengan situasi serta kebutuhan UKM yang Anda kelola. Fitur jenis ini mampu memberikan kemudahan dalam mengerjakan perhitungan upah pegawai. Begitu juga kita tahu bahwa pengelolaan UKM tidak bisa disamakan dengan perusahaan atau instansi yang besar, termasuk dalam hal pembagian pembayaran upah pegawai.

Fitur payroll mementingkan fleksibilitas dalam hal penentuan pembagaian pembayaran upah pegawai. Misalnya, fitur ini memungkinkan adanya penambahan PPh 21 sebagai pembagian perhitungan upah. Meskipun demikian, jika ternyata upah pegawai di UKM yang Anda kelola belum memenuhi ketentuan PTKP 2018 terbaru, maka pembagian ini bisa dengan mudah disesuaikan dengan situasi atau keadaan.

Mampu Mengetahui Kehadiran dan Keterlambatan Pekerja Melalui Fitur Absensi Pegawai

Fitur absensi pegawai yang disediakan dalam aplikasi HR Software Indonesia sejatinya bisa dipakai dalam berbagai bentuk badan usaha apapun, termasuk UKM. Selain itu, fitur jenis ini juga menyediakan fleksibilitas dalam hal pengaksesan data UKM sebab bisa juga dipakai dengan menggunakan aplikasi mobile pada smartphone pegawai UKM yang Anda kelola.

Informasi mengenai absen kehadiran serta keterlambatan yang mungkin dilakukan para pegawai pun bisa diketahui secara realtime. Dengan begitu, Anda bisa selalu melakukan pemantauan terhadap kehadiran ataupun keterlambatan para pegawai Anda. Data absensi para pegawai pun bisa lebih mudah dibuat laporan karena penggunaan aplikasi HR Software memungkinkan integrasi dari berbagai data perusahaan ataupun organisasi.

Bibliography

Kenali 3 Fitur Andalan HR Software Indonesia yang Dibutuhkan Bisnis UKM. (2019, January 6). Retrieved from: https://sleekr.co/blog/kenali-3-fitur-andalan-hr-software-indonesia-yang-dibutuhkan-bisnis-ukm/

RAHARDIAN, Rifky Lana; LINAWATI, Linawati; SUDARMA, Made. Implementasi Layanan Cloud Computing Software As a Service Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 17, n. 3, p. 365-370, dec. 2018. ISSN 2503-2372.

Image Sources: Google Image

JT