Perkembangan jaman membuat segala sesuatu serba digital seperti pembayaran digital yang akhir-akhir ini sedang booming yaitu cyptocurrency. Cryptocurrency adalah sistem pembayaran digital yang tidak bergantung dengan bank untuk verfikasi transaksi. Saat melakukan pembayaran dengan cyptocurrency, transaksi akan tercatat dala sistem bernama blockchain. Blockchain adalah sistem pencatatan yang rumit dan tidak terpusat sehingga sulit dibajak oleh peretas.

Kelebihan dari cyptocurrency adalah:

  • Transparansi data
    Seluruh kegiatan dan aktivitas cyptocurrency tercatat dalam blockchain sehingga data tersebut dapat dibuka secara umum kapan saja serta data yang sudah dimasukkan ke dalam blockchain juga tidak bisa diubah sembarangan sehingga lebih aman.
  • Transaksi 24 jam
    Kelebihan dari cyptocurrency yang cukup menonjol adalah dapat diakses kapan saja selama 24 jam, sangat jauh berbeda dengan bursa saham yang hanya bisa diakses di jam-jam tertentu saja dan memiliki hari libur.
  • Potensi investasi yang cerah
    Banyak tokoh-tokoh besar yang berpendapat bahwa cyptocurrency merupakan investasi yang sangat baik contohnya  adalah Bitcoin. Cyptocurrency juga berhasil menghantarkan sejumlah investornya melalui jajaran miliarder dunia. Bahkan CEO Twitter dan Square yaitu Jack Dorskey menyebut bahwa cyptocurrency seperti Bitcoin berpotensi untuk menjadi mata uang dunia di tahun 2030.
  • Pseudonimitas cyptocurrency
    Pseudonimitas adalah keuntungan trading cyptocurrency yang disukai oleh banyak penyuka privasi online dan cenderung berhati-hati dalam memberikan data digital. Sangat minim adanya pencurian identitas atau kebocoran informasi pribadi karena hanya alamat dompet saja yang akan diketahui.

Referensi:

Image Sources: Google Images