Bagian ketiga dari seri hubungan antara pajak, perilaku investor dan perusahaan ini akan membahas mengenai salah satu penelitian yang mengaitkan antara perubahan tarif pajak dengan aktifitas income shifting oleh perusahaan multinasional.

Klassen et al. (1993) melakukan penelitian terkait pengaruh dari perubahan tarif pajak terhadap  cross-jurisdictional income shifting. Dalam melakukan penelitian tersebut, mereka menggunakan fenomena turunnya tarif pajak di United Kingdom dan Perancis dan juga fenomena naiknya tarif pajak di Kanada pada tahun 1985 – 1986. Mereka berpendapat bahwa perubahan-perubahan tersebut akan mempengaruhi perilaku perusahaan multinasional, khususnya perusahaan multinasional dari Amerika Serikat yang memiliki operasi di negara-negara tersebut. Secara spesifik, mereka berargumen bahwa perubahan-perubahan tersebut akan membuat perusahaan multinasional dari Amerika Serikat untuk memindahkan penghasilannya dari Kanada dan ke Eropa. Selain itu, mereka juga meneliti apakah fenomena turunnya tarif pajak di Amerika Serikat pada tahun 1987 akan membuat perusahaan multinasional dari Amerika Serikat memindahkan penghasilannya dari negara lain ke Amerika Serikat.

Klassen et al. (1993) menguji argumen mereka dengan menggunakan sample perusahaan yang berdomisili di Amerika Serikat pada tahun 1984 – 1990. Sesuai dengan argumen dan prediksi mereka, Klassen et al. (1993) menemukan bahwa fenomena turunnya tarif pajak di United Kingdom dan Perancis membuat perusahaan multinasional dari Amerika Serikat memindahkan penghasilannya dari Amerika Serikat ke kedua negara tersebut. Sebaliknya, naiknya tarif pajak di Kanada membuat perusahaan multinasional dari Amerika Serikat memindahkan penghasilannya dari dari Kanada ke Amerika Serikat. Terkait dengan perubahan tarif pajak di Amerika Serikat, Klassen et al. (1993) menemukan bahwa fenomena tersebut membuat perusahaan multinasional dari Amerika Serikat memindahkan penghasilannya ke Amerika Serikat.

References:

  • Klassen, K., Lang, M., & Wolfson, M. (1993). Geographic Income Shifting by Multinational Corporations in Response to Tax Rate Changes. Journal of Accounting Research, 31, 141–173. https://doi.org/10.2307/2491168

Image Sources: Google Images