People Innovation Excellence
 

PUSPAYOGA: BATIK SEBAGAI PEMERSATU BANGSA

Hasil gambar untuk PUSPAYOGA: BATIK SEBAGAI PEMERSATU BANGSA

Pekalongan  – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menyebut batik terbukti mampu menjadi alat pemersatu bangsa dan mempererat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Batik di nusantara telah menjadi pemersatu bangsa,” kata Menteri Puspayoga di Pekalongan, Selasa, dalam acara rangkaian Hari Batik Nasional ke-7.

Ia mengatakan, batik yang meskipun berakar dari budaya Jawa telah meluas menjadi budaya bangsa Indonesia. Puspayoga menambahkan, batik faktanya telah membudaya dari Sabang sampai Merauke, diproduksi di setiap provinsi, dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Masyarakat kita dari Sabang sampai Merauke semua pakai batik,” katanya. Menurut dia, batik telah menjadi sesuatu yang luar biasa yang memperkokoh dan mempererat NKRI. “Ini bukan berlebihan, diplomasi batik luar biasa untuk memperkokoh NKRI. Siapa cinta NKRI dia pakai batik, meski batik ini berakar dari budaya Jawa tapi sekarang semangat nasionalisme dalam batik luar biasa,” katanya.

Untuk mendongkrak kesejahteraan produsen batik, Puspayoga mendorong semua pihak agar membuat lebih banyak event dan pameran bertema batik di berbagai tempat meliputi Sabang sampai Merauke. Pameran produk yang berlatar batik, menurut dia, perlu digalakkan sebagai upaya meningkatkan nilai tambah dan pemasaran KUKM produsen batik. “Dengan begitu pengrajin batik kita semakin baik kesejahteraannya,” katanya.

http://www.depkop.go.id/read/puspayoga-batik-sebagai-pemersatu-bangsa


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close