Computer Fraud sebagai tindak illegal apapun yang membutuhkan pengetahuan teknologi computer untuk melakukan tindakan awal penipuan, penyelidikan, atau pelaksanaannya.

Secara khusus, penipuan computer mencakup hal-hal berikut ini :

  • Pencurian, penggunaan, akses, modifikasi,penyalinan, dan perusakan software atau data secara tidak sah.
  • Pencurian uang dengan mengubah catatan computer atau pencurian waktu computer.
  • Pencurian atau perusakan hardware computer.
  • Penggunaan atau konspirasi untuk menggunakan sumber daya computer dalam melakukan tindak pidana.
  • Keinginan untuk secara illegal mendapatkan informasi atau property berwujud melalui penggunaan computer.

Klasifikasi Computer Fraud

Salah satu cara untuk menggolongkan penipuan komputer adalah dengan menggunakan model pemrosesan data, yaitu:

  • Input Fraud

Pengubahan input komputer merupakan cara yang paling umum dan sederhana untuk melakukan pengrusakan maupun penipuan. pelaku hanya perlu memahami bagaimana sistem beroperasi sehingga mereka dapat menutupi perbuatan mereka.

  • Processor Fraud

Pencurian waktu maupun jasa komputer masuk klasifikasi ini. Misalnya, karyawan yang menyia-nyiakan waktu untuk menggunakan fasilitas internet untuk keperlua pribadi mereka, sehingga waktu kerja produktif mereka terpakai untuk hal tersebut.

  • Computer Instructions Fraud

Tindakan yang dapat dilakukan adalah melalui pengrusakan software untuk memproses data perusahaan. Pengrusakan tersebut dapat berupa pemodifikasian software, mengopi software secara ilegal, penggunaan maupun pengembangan tanpa adanya otoritas. Pelaku memang harus mempunyai pengetahuan khusus tentng pemrogaman komputer, namun dengan berkembangnya teknologi informasi cara-cara pengrusakan tersebut dapat diketahui/ dicari dengan mudah melalui jaringan internet.

  • Data Fraud

Hal ini dapat diawali dengan mengubah atau merusak file-file ata perusahaan. Dapat juga berupa menyalin, menggunakan, maupun mencari file dari data perusahaan tanpa otorisasi. Kasus ini lebih lebih mudah dilakukan pada file perusahaan yang disimpan di web site.

  • Output Fraud

Output sebuah sistem biasanya ditampilkan pada layar atau dicetak di kertas. Output tersebut dapat menjadi subjek mata-mata salinan file yang tidak sah. Ada sebuah penelitian bahwa banyak monitor komputer memancarkan sinyal mirip dengan televise, sehingga dapat diambil dari berbagai terminal hinga sejauh 2 mil.

HHM

Reference:

Romney and Steinbart. 2015. Accounting information System, 13th ed. Pearson Education Inc.