Oleh: Lusianah, S.E., M.Ak.

Term of payment merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam transaksi yang umumnya setiap perusahaan memiliki aturannya masing-masing. Aturan tersebut berisi cara pembayaran dan juga waktu pembayaran yang harus dilakukan.

Fungsi utama dari term of payment bagi pihak pembeli adalah sebagai suatu alat cost control untuk perusahaan. Dengan adanya tawar-menawar harga yang pas, maka alur kas perusahaan akan bisa lebih terkontrol, dan mampu memberikan keuntungan financial aging untuk perusahaan.

Terdapat 5 jenis Term of Payment yang biasa digunakan dalam kegiatan bisnis, antara lain:

  1. Cash on Delivery (COD)

Salah satu jenis dari term of payment yang mana pihak pembeli harus langsung melakukan pembayaran ketika saat itu barang sudah diterima.

  1. Cash Before Delivery (CBD)

Cash Before Delivery adalah suatu sistem pembayaran yang mewajibkan setiap pembeli untuk melakukan pembayaran terhadap produknya terlebih dahulu sebelum dikirim.

  1. Net d Days

Net d Days adalah istilah yang digunakan saat pembeli melakukan pembayaran secara penuh pada hari barang tersebut akan diterima. Sebagai contoh, jika net 30 days, maka itu artinya pembeli harus menyelesaikan pembayaran secara penuh dalam kurun waktu 30 hari.

  1. Cash in Advance

Dengan menggunakan metode pembayaran cash in advance berarti pembeli harus melakukan pembayarannya terlebih dahulu kepada pihak penjual. Setelah pembeli memberikan uangnya kepada penjual, selanjutnya barang tersebut akan dikirimkan oleh penjual.

  1. End of Month (EOM)

End of Month atau EOM adalah cara pembayaran yang sering ditetapkan oleh para penjual yang mana setiap pembayarannya dilakukan dengan batas maksimal waktu yang diberikan. Dalam hal ini batas maksimal waktu yang diberikan adalah setiap akhir bulan atau pihak pembeli harus mampu menyelesaikan pembayaran maksimal 30 hari setelah akhir bulan.

 Referensi:

  • Google Image. 2020
  • Weygandt, Kimmel, & Kieso. 2019. Financial Accounting. 4th Wiley. ISBN: 978-1-119-50340-8
  • https://accurate.id/ekonomi-keuangan/term-of-payment/