Hasil gambar untuk DPP PERWIRA DORONG PEMBENTUKAN 543 KOPERASI WANITA

SOREANG – Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (DPP Perwira) mendorong berdirinya 543 Koperasi Wanita yang ada di wilayah Kabupaten Bandung Jawa Barat. Peresmian 543 Koperasi wanita di Kabupaten Bandung disaksikan oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (Sesmenkop dan UKM) Agus Muharram, bersama Ketua DPP Perwira Elza Syarief dan Bupati Bandung Dadang Muhamad Naser di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Kamis (8/6).

Dalam sambutannya dihadapan undangan dan seluruh pengurus Koperasi Wanita se-Kabupaten Bandung, Sesmenkop dan UKM Agus Muharram menyambut baik upaya pendirian 543 Koperasi wanita yang prakarsai oleh DPP Perwira ini.

Menurut Agus pendirian Kopwan ini sebagai wujud upaya meningkatan perekonomian masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan

masyarakat,khusus keluarga.

Dikatakannya Koperasi wanita yang didirikan ini merupakan Koperasi wanita yang ada di desa desa di wilayah Kabupaten Bandung, yang dengan

sendirinya juga diharapkan dapat meningkatkan perekononian dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Keberadaan Koperasi wanita ini sebagai wujud dari ekonomi kerakyatan yang digerakan secara gotong royong melalui koperasai. Semangat gotong royong inilah yang selalu diingatkan dan diamanatkan olrha Presiden Joko Widodo. Yaitu usaha bersama-sama atau bergotong royong,dalam meningkatkan kesejahteraan bersama” ujar Agus.

Masih menurut Agus, mendirikan Koperasi itu lebih mudah ketimbang menjalankannya. Namun Agus optimis, koperasi yang dikelola wanita biasanya lebih solid, karena wanita umumnya memilki sifat ulet dalam bekerja, memiliki ketelitian, serta kehati-hatian dan kejujuran dalam menjalankan kegiatan usahanya. Hal terpenting yang perlu diperhatikan agar koperasi berjalan dengan baik, harus bisa memenuhi sekurang kurangnya tiga syarat yaitu, SDM yang berkualitas dan terampil serta berbudi pekerti atau berprilaku baik, manajemen yang profesional, serta dapat mengikuti dan menerapkan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan tetutama untuk memanfaatkan IT dalam pengelolaan koperasinya.

Sementara itu Ketua DPP Perwira, Elza Syarief megatakan Perwira telah lama berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan bagi kaum wanita. Perwira membantu kaum wanita untuk bisa mandiri, berwirausaha, guna meningkatkan kehidupan melalui peningkatan perekonoian keluarga.

“Kalau perekonomian keluarganya bagus, berarti kaum wanita mampu mensejahterakan keluarganya,’ ujar Elza Untuk itulah DPP Perwira bersama DPD Perwira Jawa Barat serta Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bandung, berupaya membantu meningkatkan kesejahteranaan kaum wanita di desa, khususnya di Kabupaten Bandung, dengan mendirikan Koperasi Wanita di setiap desa.

“Kami berterima Kasih Kepada Kemenkop dan UKM yang memfasilitasi akta pendirian seluruh Koperasi wanita ini,” ujar Elza.

Dikatakannya, selain membantu pendirian Koperasi secara online, Kemenkop dan UKM juga membantu pendanaan pendirian ke akta notaris, melalui Program bantuan dana sebesar Rp 2,5 juta untuk pendirian setiap koperasi.

Lebih lanjut Elza Syarief mengatakan, selain pendirian ratusan koperasi wanita di Kabupan Bandung, pihaknya juga berencana melakukan hal serupa di sejumah daerah lainnya di tanah air.

Sedangkan Bupati Bandung, Dadang M Naser mengatakan, keberadaan koperasi wanita semakin mengokohkan perekonomian di desa-desa di wilayahnya.

Pihaknya berharap dengan berdirinya 543 Koperasi Wanita di Kabupaten Bandung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dia juga berharap Koperasi wanita yang berdiri di setiap desa untuk bersinergi dengan BUMDes yang ada, karena akan semakin menguatkan perekonomian desa.

Dalam acara peresmian koperasi wanita secara simbolis juga dilakukan penyerahan Sertifikat Pendirian Koperasi Wanita oleh Sesmenkop dan UKM kepada lima perwakilan koperasi yang ada Juga diberikan bantuan KUR kepada koperasi yang bersangkutan oleh pihak BRI setempat.

Selain itu juga diserahkan Rekor MURI dari Musium Rekor Indonesia kepada pihak DPP Perwira, atas rekor jumlah terbanyak pendirian koperasi wanita secara bersamaan.

Bandung 08 Juni 2017

Humas Kementerian Koperasi dan UKM

http://www.depkop.go.id/read/dpp-perwira-dorong-pembentukan-543-koperasi-wanita

MA

Image sources : Google Image