Apa itu Software Akuntansi dan Manfaatnya?

Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Saat ini, software akuntansi telah menjadi kebutuhan vital dalam bisnis apapun. Pemilik bisnis sudah mulai menyadari bahwa mengelola keuangan secara manual tidak akan membantu mereka mencapai hasil yang diharapkan. Dalam banyak kasus, pengelolaan keuangan yang semestinya dapat membantu perusahaan mengelola anggaran dengan lebih efisien menjadi salah satu penyebab terjadinya kerugian finansial.

Jika Anda telah berpikir untuk mengotomatiskan operasi keuangan Anda, maka Anda membaca artikel yang tepat. Sebelum memutuskan untuk mengimplementasikan software akuntansi, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerjanya dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis Anda.
Apa itu Software Akuntansi?

Sistem akuntansi (juga disebut aplikasi akuntansi) dirancang bagi profesional akuntansi untuk mengelola akun dan menyederhanakan operasi keuangan dalam organisasi.

Sistem akuntansi dapat berkisar dari program entri tunggal yang sederhana yang digunakan untuk menyimpan pencatatan individu, hingga sistem akuntansi yang lebih canggih yang dapat digunakan untuk mengelola hutang, piutang, buku besar, faktur, gaji, dan bahkan aset perusahaan.

Saat ini, banyak bisnis sudah mulai beralih ke sistem akuntansi. Perangkat lunak ini memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak transaksi keuangan dan secara instan menghasilkan berbagai laporan keuangan.

Sebelum aplikasi akuntansi, tugas keuangan harus dilakukan secara manual, menggunakan jurnal transaksi besar. Pelaporan ad hoc pada dasarnya tidak praktis, karena manajer akuntansi harus mengkonsolidasikan entri secara manual. Sistem akuntansi mengotomatiskan tugas-tugas ini, mengurangi biaya akuntansi, dan memungkinkan pengambilan keputusan keuangan yang lebih baik melalui pelaporan waktu nyata.

Manfaat Menerapkan Software Akuntansi dalam Bisnis Anda

Bagi para profesional akuntansi, software akuntansi adalah aset berharga perusahaan yang secara signifikan membantu meningkatkan efisiensi departemen keuangan. Selain itu, masih banyak lagi manfaat penting yang diberikan software ini.

1. Memastikan Kontrol Keuangan
Software akuntansi memungkinkan pemilik bisnis untuk mengontrol keuangan mereka secara otomatis, meskipun mereka mungkin bukan ahli akuntansi. Dengan sedikit pelatihan, mereka dapat mengelola semua operasi akuntansi menggunakan komputer atau perangkat seluler mereka tanpa harus membayar pihak eksternal untuk mengontrol anggaran mereka.

2. Menghemat Biaya
Aplikasi akuntansi mengotomatiskan penghitungan inti dan prosedur administratif serta mengontrol kerangka pendapatan Anda, sehingga Anda tidak perlu mengalihkan pengelolaan keuangan Anda ke pihak eksternal. Perangkat lunak ini juga dapat mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan pendistribusian dokumentasi, karena semua data disimpan secara digital di lokasi yang aman dan dipantau.

3. Meningkatkan Akurasi Data
Menurut akuntan dan auditor, salah satu manfaat penting dari aplikasi akuntansi yang baik adalah mengurangi kesalahan manusia yang biasanya terjadi selama penghitungan dan pemasukan data. Ketidakakuratan dalam laporan keuangan dapat menyebabkan krisis yang berdampak pada masa hidup bisnis Anda, dan perangkat lunak akuntansi dapat mencegah masalah ini terjadi.

4. Meningkatkan Pengambilan Keputusan
Inilah salah satu keunggulan utama penerapan sistem akuntansi yang canggih. Tanpa solusi akuntansi otomatis, Anda akan kesulitan memahami kondisi keuangan bisnis Anda. Ini memberi Anda angka-angka yang dapat membantu Anda mencari tahu di mana harus memotong pengeluaran atau di mana harus berinvestasi lebih banyak.
Dengan gambaran yang jelas tentang keadaan keuangan Anda saat ini, Anda akan dapat mengembangkan strategi yang lebih cerdas dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih mudah.

5. Meningkatkan Keamanan Data Keuangan
Data keuangan merupakan informasi perusahaan yang paling rahasia dan harus sangat dilindungi agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Sistem akuntansi memastikan data keuangan Anda tetap aman dengan menyimpannya di sistem terpusat yang dilindungi oleh firewall. Dengan demikian, hanya mereka yang diberi hak akses yang dapat melihat data tersebut.

Referensi:

Koeswoyo, F. (2006). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pemakai Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pemakai Software Akuntansi K-System di Pulau Jawa) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Rahardja, U., Aini, Q., & Hardini, M. (2018). Penerapan Software Akuntansi Online Sebagai Penunjang Pencatatan Laporan Keuangan. SISFOTENIKA, 8(2), 176-187.

Rukmiyati, N. M. S., & Budiartha, I. K. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), 115-142.

Image Sources: Google Image

JT