Training Asisten – Accounting Information System (3 September 2020)

Tanggal 3 September 2020 merupakan hari keenam dari rangkaian training yang Accounting Laboratory selenggarakan. Topik kuliah yang dibawakan pada hari itu adalah Accounting Information System. Mata kuliah ini dibawakan oleh Bapak Ignatius Edward, S.E., M.Ak. dan Ibu Fransisca Hanita, S.Kom., M.Ak. Bapak Edward merupakan SCC untuk Information System dan Accounting Software. Sementara Ibu Fransisca termasuk bagian dari Faculty Member di BINUS University.

Secara bergantian, Bapak Edward dan Bu Fransisca memberikan materi pada hari ini. Mata kuliah ini terdiri dari dua aplikasi yang digunakan, yaitu Microsoft Access dan Microsoft Visio. Access digunakan oleh penggunanya untuk membuat database bagi perusahaan, sementara Visio digunakan untuk membuat berbagai macam diagram, seperti DFD maupun Flowchart. Kedua materi ini menjadi materi yang akan dipelajari oleh seluruh mahasiswa semester 3 yang mencakup peminatan audit, pajak, juga manajerial.

Dua materi ini memang bukan materi yang mudah, namun, agar para rekan asisten mampu mengerti dengan jelas dan baik materi ini, maka dibuatlah sesi tambahan oleh Pak Edward dan Ibu Fransiska pada hari yang terpisah secara menyusul, yang mana juga sesuai dengan ekspektasi teman-teman asisten yang terlihat sangat tidak sabar untuk mendapatkan pelatihan.

Dengan adanya pelatihan ini, para asisten kembali memantapkan ilmu yang mereka miliki mengenai Access dan Visio, sehingga mereka dapat membantu kegiatan perkuliahan nantinya di kelas, terutama dengan sistem pembelajaran daring, seperti yang saat ini diterapkan.

JTK