Dalam masa pandemi Covid-19 ini, pembekalan wawasan terus dilakukan oleh #AccountingBinus dengan harapan dapat membantu bukan hanya mahasiswa/i program Accounting Binus@Bekasi, tetapi juga para orang tua dalam merencanakan dan menilai kondisi keuangan selama masa pandemi Covid-19 ini.

Pembekalan wawasan ini dilakukan melalui Seminar At Home yang diselenggarakan oleh Accounting BINUS@Bekasi dan Accounting & Finance Laboratory BINUS University. Topik yang dibawakan adalah “Perencanaan Keuangan dalam masa Pandemic Covid 19”. Acara ini dibawakan langsung oleh Bapak Toto Rusmanto, M.Comm., Ph.D. selaku Head of Accounting Program Binus@Bekasi pada tanggal 11 Mei 2020.

Dalam paparannya beliau mengatakan “Jika kita sudah merencanakan keuangan kita sejak beberapa waktu yang lalu, maka kondisi PSBB seperti sekarang ini, secara finansial dapat kita lalui dengan baik. Namun jika belum kita terapkan perencanaan keuangan ini, maka mulai sekarang kita dapat menerapkannya. Tidak ada kata terlambat dalam melakukan kebaikan”.

Pembicara menerangkan betapa pentingnya perencanaan keuangan dan tahapah tahapan dalam merencanakan keuangan yang baik. Dalam kesempatan itu pembicara menjelaskan bahwa pertama, kita harus melakukan pengecekan harta dan hutang kita. Apakah Dalam kondidi surplus atau minus. Kedua, kita buat daftar kebutuhan dan keinginan. Ketiga cek kesehatan keuangan kita. Keempat buat anggaran yang ideal. Kelima Komitmen dengan anggaran yang sudah dibuat. Dalam seminar tersebut, pembicara juga menyampaikan beberapa opsi investasi sesuai maksud dan tujuannya., termasuk jangka pendek atau jangka panjang.

Seminar ini diikuti 67 peserta terdiri dari orang tua calon mahasiswa, calon mahasiswa dan mahasiswa.

Semoga kita semua dalam keadaan yang sehat dan sampai berjumpa kembali di acara-acara Accounting BINUS@Bekasi selanjutnya.

GAS