Mewaspadai Krisis Global 2020

Baru-baru ini mulai bermunculan kekhawatiran akan terjadinya krisis global pada tahun 2020. Apasih krisis global itu? Krisis global dapat diartikan sebagai peristiwa dimana seluruh sektor ekonomi di pasar dunia mengalami penurunan dan bahkan dalam keadaan gawat sehingga mempengaruhi sektor lainnya di seluruh dunia.

Biasanya krisis global ini juga dipengaruhi dengan perekonomian di Amerika Serikat sebagai negara adidaya. Melihat adanya perang dagang antara AS dan China yang sedang berlangsung, menjadi dugaan kuat akan makin melemahnya perekonomian global di tahun 2020. Dilihat juga dari index harga emas dunia yang meloncat tinggi, demand emas meningkat sehingga mengakibatkan harga nya tinggi. Karena ketika ekonomi melemah emas dinilai sebagai instrument lindung nilai yang paling baik.

Krisis Global ini akan berimbas pada penurunan nilai saham di bursa, bahan pokok yang tinggi sehingga daya beli menurun dan kapasitas produksi perusahan tidak optimal yang akan berujung kepada pemotongan tenaga kerja (PHK). Jika PHK dilakukan, maka tingkat pengangguran akan meningkat. Mewasapai hal ini, maka kita perlu melakukan persiapan untuk menghadapi krisis global jika sampai itu akan terjadi di 2020.

Hal yang perlu di persiapkan adalah salah satu nya money management. Kita perlu belajar bagaimana mengelola keuangan kita dengan baik, agar krisis global tidak mengganggu kondisi ekonomi kita sendiri. Selain itu juga mengkonsumsi produk local juga dapat membantu mengurangi efek dari krisis global.

Oleh karena itu, kita harus cintai produk lokal dan banyak membaca untuk pengelolaan uang kita ya..

source: www.bigalpha.id

MK