People Innovation Excellence
 

REFORMASI SAK ETAP, TUGAS BESAR IAI UNTUK NEGERI

Terbitnya SAK Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) pada tahun 2009 merupakan bukti nyata dukungan IAI terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia di tengah berubahnya SAK Umum yang berkonvergensi kepada International Financial Reporting Standard (IFRS). Selain UKM, entitas lain juga dapat menggunakan SAK ETAP asalkan memenuhi definisi “tidak mempunyai akuntabilitas publik signifikan” sesuai SAK ETAP. Ditetapkannya SAK ETAP sebagai tier kedua SAK di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas UKM, sehingga UKM dapat mengembangkan usahanya dengan bantuan kredit dari perbankan dan investor lainnya.

Dalam praktiknya, terdapat pandangan bahwa SAK ETAP terlalu sederhana untuk diterapkan oleh entitas yang berukuran besar, namun tidak terdaftar di pasar modal (sebagai contoh, SAK ETAP tidak mengijinkan pelaporan keuangan konsolidasian). Dengan demikian, bagi entitas yang tidak terdaftar di pasar modal dan bukan UKM, SAK Umum dipandang terlalu kompleks, sementara SAK ETAP dipandang kurang memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan.

Disamping itu, adanya perkembangan SAK di Indonesia yang sangat pesat yang ditandai dengan terbitnya SAK Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (EMKM) pada akhir 2016 sebagai tier ketiga semakin menegaskan untuk dilakukan reviu komprehensif atas SAK ETAP. Oleh karena itu, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK-IAI) telah memutuskan untuk melakukan reformasi terhadap SAK ETAP.

Dalam rangka mendapatkan masukkan dari para pengguna SAK ETAP, DSAK IAI menerbitkan Discussion Paper Reviu Komprehensif atas SAK ETAP yang telah diluncurkan pada urun rembug nasional “Reformasi SAK ETAP dan Akuntansi Nirlaba,Tugas Besar IAI untuk Negeri” sebagai rangkaian acara HUT IAI ke-60 di Semarang pada 15 Desember 2017. Dalam acara tersebut DSAK IAI  juga telah melakukan live voting. Untuk itu, kami ingin mengundang Bapak/Ibu yang belum berkesempatan melakukan voting untuk dapat berpartisipasi melakukan live voting yang terdiri dari 3 (tiga) pertanyaaan yang seluruhnya wajib diisi oleh responden melalui http://iailounge.iaiglobal.or.id/. Untuk dapat melakukan live voting Bapak/Ibu harus terdaftar di IAI lounge atau sebagai Anggota IAI. Setelah berhasil log in, klik menu Survei pada jendela sebelah kiri, kemudian pilih judul “Reformasi SAK ETAP, Tugas Besar IAI untuk Negeri“.

Sumber : http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-1051-reformasi-sak-etap-tugas-besar-iai-untuk-negeri

MSD


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close