People Innovation Excellence
 

IAI APAFEST 2018 – KESEMPATAN EMAS BAGI TALENTA TERBAIK AKUNTANSI INDONESIA

(Jakarta, 19/4) – Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menyelenggarakan Aspiring Professional Accountants Festival (APAFest) 2018 pada Kamis, 19 April 2018 di Bursa Efek Indonesia. IAI APAFest merupakan program yang didesain untuk membangun linkage esensial antara entitas pemberi kerja terkemuka, dengan talenta akuntansi terbaik di Indonesia, serta profesi sebagai fasilitator. IAI APAFest memungkinkan terciptanya simbiosis mutualisma dan hubungan yang saling menguntungkan antara industri, mahasiswa sebagai talenta akuntansi terbaik, serta IAI sebagai organisasi profesi.

Aspiring Professional Accountant atau APA merupakan istilah resmi yang digunakan oleh International Federation of Accountants (IFAC), organisasi akuntan dunia, yang menggambarkan peran penting para mahasiswa akuntansi sebagai calon akuntan profesional masa depan yang akan berkiprah di dunia bisnis dengan segala dinamika global dan disrupsi teknologi. Oleh karenanya, IAI APAFest berupaya mendorong terciptanya koneksi yang kuat dan simbiosis mutualisma antara industri, profesi, dan para mahasiswa maupun lulusan jurusan akuntansi sebagai talenta akuntasi terbaik di Indonesia.

Tahun ini, APA Championship (APAChamp) yang merupakan ajang kompetisi bisnis bagi mahasiswa akuntansi terbaik di Indonesia, diselenggarakan sebagai bagian dari APAFest. APAChamp 2018 telah menyelesaikan proses seleksi di 8 kota dan berhasil menjaring 9 tim terbaik untuk mengikuti babak final di Bursa Efek Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) IAI, Prof. Mardiasmo mengapreasiasi komitmen sejumlah perusahaan terkemuka tanah air yang akan memprioritaskan para finalis APAChamp untuk mendapatkan karir terbaik di institusinya. Entitas sebagai eksibitor memiliki kesempatan pertama untuk mendapatkan talenta terbaik generasi muda akuntansi dan keuangan di Indonesia.

Wakil Menteri Keuangan itu juga mendorong kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan, dan dikembangkan lebih lanjut. IAI APAFest dan APAChamp merupakan entry point yang bagus untuk peningkatan kapasitas SDM keuangan di Indonesia. Melalui program seperti ini, dunia bisnis dan profesi akuntansi di Indonesia akan sangat diuntungkan karena bisa menjaring sekaligus mengasah bibit-bibit terbaik yang potensial menjadi leader dunia bisnis di masa depan. Dalam jangka panjang, perekonomian Indonesia akan memperoleh kepastian tersedianya SDM handal untuk me-leverage pertumbuhan perekonomian di masa depan.

AFBP, Sertifikasi untuk Pastikan Kualitas SDM Keuangan

Pada kesempatan ini, IAI meluncurkan International Dual Certification: Accounting, Finance, and Business Program (AFBP), yang merupakan kolaborasi strategis IAI dengan mitra global. AFBP adalah sertifikasi yang dibangun untuk memastikan kompetensi SDM keuangan entitas sehingga mampu membangun entitas yang efisien dan berdaya saing tinggi. AFBP juga didesain untuk memenuhi kebutuhan industri keuangan dan pasar modal Indonesia akan SDM keuangan akuntansi yang handal. Dual certification ini juga merupakan pengakuan atas para profesional yang memiliki knowledge dan skill esensial untuk membangun karir cemerlang di sektor bisnis dan keuangan, termasuk emiten di Bursa Efek Indonesia.

Sebagai organisasi profesi, IAI bertanggungjawab mengembangkan pengetahuan dan praktik akuntansi, manajemen bisnis, dan publik, yang berorientasi pada etika dan tanggungjawab sosial dalam perspektif nasional dan internasional. IAI selalu mendukung terciptanya efisiensi di berbagai bidang dan industri. Akuntan Profesional sebagai individu yang kompeten menyajikan informasi keuangan yang akan menjadi bahan pengambilan keputusan eksekutif, bisa terlibat lebih jauh di dalam setiap prosesnya.

Penyelenggaraan IAI APAFest sendiri merupakan bagian dari proses itu. IAI berkepentingan mempertemukan talenta akuntansi terbaik di negeri ini dengan entitas terkemuka di Indonesia dan regional. Lewat program ini, akan terbangun sebuah mekanisme yang saling mendukung yang pada akhirnya akan menciptakan transparansi dan akuntabilitas yang makin tinggi di lingkup bisnis Indonesia.

IAI APAFest tahun ini diisi dengan rangkaian career fair yang diikuti 20 institusi terkemuka di tanah air dan lebih dari 500 peserta. Kompetisi bisnis APAChamp diikuti oleh tim dari 42 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sejumlah kegiatan yang juga menjadi bagian APAFest adalah Seminar Inspirasi yang diisi oleh Ignasius Jonan (Anggota Dewan Penasihat IAI/Menteri ESDM RI), dan Ardan Adiperdana (Anggota DPN IAI/Kepala BPKP). Sejumlah Akuntan Profesional dari dalam dan luar negeri juga ikut mengisi sesi seminar hari ini.

Sumber : http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-1068-iai-apafest-2018–kesempatan-emas-bagi-talenta-terbaik-akuntansi-indonesia

MSD


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close