KONSEP DASAR SISTEM DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Komputer merupakan sebuah sistem. Tubuh manusia merupakan sebuah sistem. Proses pembelajaran adalah sistem. Universitas adalah sistem. Sepeda merupakan sebuah sistem. Motor merupakan sebuah sistem. Mobil merupakan sebuah sistem dan lain sebagainya.

Perusahaan merupakan sebuah sistem. Mesin absensi diperusahaan merupakan sebuah sistem. Printer merupakan sebuah sistem. Organisasi merupakan sebuah sistem. Sistem produksi merupakan sebuah sistem. Sistem penjualan merupakan sebuah sistem. Sistem pembelian merupakan sistem. Sistem penggajian merupakan sistem. Sistem manajemen sumber daya manusia merupakan sistem. Sistem informasi akuntansi merupakan sistem. Sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem dan lain sebagainya.

Semua contoh diatas menurut Romney dan Steinbart (2012) disebut sebagai sistem. Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sebagian besar sistem terdiri dari subsistem yang lebih kecil yang mendukung sistem yang lebih besar (Romney dan Steinbart, 2012).

Pengertian sistem menurut para ahli sebagai berikut :

Menurut Hicks dan Leininger (2010) suatu sistem adalah sebagai kumpulan interaksi dari komponen-komponen yang beroperasi di dalam suatu batas sistem. Batas sistem akan menyaring tipe dan tingkat arus dari input serta output diantara sistem dengan lingkungannya.

McLeod menjelaskan sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Wilkinson menjelaskan sistem adalah suatu kerangka kerja terpadu yang mempunyai satu sasaran atau lebih.

O’Brien menjelaskan sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.

Azhar Susanto dan Meiryani (2017) sistem adalah kumpulan dari sub sistem, bagian atau komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu.

Gordon B. Davis

Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran dan maksud.

Dari pendapat para pakar diatas dapat dikatakan bahwa sistem adalah suatu kumpulan dua unsur/komponen/prosedur atau lebih yang saling bekerja sama dalam mencapai satu tujuan. Jika masing-masing komponen sistem komputer bekerja sendiri-sendiri dan tidak terpadu/tidak terintegrasi maka tujuan dari sistem komputer tidak akan tercapai.

Referensi

Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul Jhon, (2016), Sistem Informasi Akuntansi, Diterjemahkan oleh Kikin dan Novita, Salemba Empat, Jakarta.

MY