People Innovation Excellence
 

SOAL KINERJA APBN 2019 HINGGA JANUARI, INI KATA SRI MULYANI

JAKARTA, DDTCNews – Kementerian Keuangan merilis kinerja anggaran negara pada awal tahun fiskal 2019. Kinerja awal tahun dinilai menjanjikan untuk mengarungi tantangan ekonomi yang belum akan mereda dalam waktu dekat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pelaksanaan APBN pada Januari 2019 berjalan sesuai target. Sesuai target yang dimaksud adalah adanya keseimbangan antara pertumbuhan penerimaan dan stabilitas makroekonomi.

“Akhir tahun lalu dinamika volatilitas tinggi dan Januari ini kita lihat stabil dan kondusif,” katanya dalam konferensi pers APBN Kita, Rabu (20/2/2019).

Baca Juga: Buka Rakornas BLU, Ini Pesan Sri Mulyani

Stabilitas tersebut, menurut Sri Mulyani, dibuktikan dengan adanya realisasi pendapatan negara yang meningkat dari tahun sebelumnya. Pada Januari 2019, setoran ke kas negara tercatat senilai Rp108,08 triliun atau tumbuh 6,24% dibandingkan dengan capaian Januari 2017 senilai Rp101,7 triliun.

Adapun penerimaan perpajakan tercatat senilai Rp89,7 triliun, yang terbagi atas penerimaan pajak Rp86 triliun serta penerimaan bea dan cukai senilai Rp3,7 triliun. Sementara, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) hingga Januari 2019 tercatat senilai Rp18,3 triliun.

“Perpajakan kinerjanya cukup baik dan momentumnya tetap terjaga. Ini menandakan denyut ekonomi terus bergerak,” kata Sri Mulyani.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Buka Data, Ini Harapan Sri Mulyani

Selanjutnya, realisasi penyerapan anggaran belanja mencapai Rp153,8  triliun, naik 10,34% dibandingkan dengan realisasi pada Januari 2018 senilai Rp139 triliun. Performa ini membuat defisit anggaran pada Januari 2019 senilai Rp45,7 triliun, lebih tinggi sekitar 21,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp37,7 triliun. Angka defisit anggaran itu mencapai 0,28% produk domestik bruto (PDB).

Adapun keseimbangan primer tercatat sudah defisit Rp22,8 triliun, lebih tinggi hingga 60,6% dibandingkan posisi defisit pada periode yang sama tahun lalu Rp14,2 triliun. Pada saat yang bersamaan, pembiayaan anggaran tercatat sudah mencapai Rp122,5 triliun, melonjak hingga 343,8% dibandingkan tahun lalu Rp27,6 triliun. Realisasi pembiayaan ini juga sudah mencapai 41,4% dari rencana Rp296,0 triliun.

sumber :https://news.ddtc.co.id/soal-kinerja-apbn-2019-hingga-januari-ini-kata-sri-mulyani-15093

MSD


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close