Meskipun istilah penghindaran pajak (tax avoidance) dan penggelapan pajak (tax evasion) sering dipersamakan, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut adalah perbedaan praktik penghindaran pajak dan penggelapan pajak:

Penghindaran Pajak (Tax Avoidance)

Dengan cara yang legal dan sah di mata hukum, penghindaran pajak adalah upaya untuk mengurangi beban pajak perusahaan. Untuk mengurangi beban pajak yang harus dibayar, penghindaran pajak menggunakan celah peraturan perpajakan. Memang, penghindaran pajak dapat berdampak negatif pada keuangan negara, tetapi tidak melanggar undang-undang. Penghindaran pajak dapat dicapai dengan mengubah data penghasilan atau harta yang dimiliki sehingga tidak mengungkapkan sebagian atau seluruhnya. Seseorang dapat menghindari pajak dengan menggunakan ketentuan perpajakan yang ada, seperti menggunakan hibah atau tarif pajak yang lebih rendah. Baik individu maupun perusahaan dapat menghindari pajak.

Penggelapan Pajak (Tax Evasion)

Penggelapan pajak adalah tindakan wajib pajak atau badan yang secara ilegal menghindari pembayaran pajak. Untuk mengurangi liabilitas pajaknya, penggelapan pajak dilakukan dengan tidak melaporkan data yang benar kepada otoritas perpajakan. Penggelapan pajak dapat dilakukan oleh perusahaan maupun individu, dan dapat berupa tidak menyetorkan pajak yang telah dipotong atau dipungut atau dengan menyembunyikan penghasilan atau harta yang dimiliki. Penggelapan pajak bertentangan dengan hukum dan dapat mengakibatkan kerugian pada pendapatan negara.

Referensi:

  • https://www.pajak.com/komunitas/opini-pajak/menelisik-perbedaan-tax-avoidance-dan-tax-evasion/
  • https://money.kompas.com/read/2016/04/14/083000826/Apa.Perbedaan.Praktik.Penghindaran.Pajak.dan.Penggelapan.Pajak.?page=all
  • https://www.pajak.com/pajak/perbedaan-penggelapan-dan-penghindaran-pajak/
  • https://library.unismuh.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/ZWUwMDIzMTdjOGI1MDNkNjMyMjM2YmMxMzY0ZmE4OGJiYjgwODA4OQ==.pdf
  • https://etd.umy.ac.id/29610/4/Bab%20I.pdf
  • http://tlc.fe.um.ac.id/2023/05/07/tax-avoidance-vs-tax-evasion-baca-ini-biar-tahu/

Image Source: Google Images