Saat ini, mayoritas perusahaan menggunakan ERP berbasis cloud karena tidak memakan biaya dan mampu menjadi langkah awal dalam proses digitalisasi serta membantu perusahaan untuk menemukan strategi dan model bisnis yang lebih baru. Saat ini, 46% perusahaan menggunakan ERP pribadi berbasis cloud. Dengan mayoritas perusahaan sudah mulai beralih ke ERP berbasis cloud, maka saat ini salah satu Langkah yang bisa ditempuh oleh perusahaan ke depannya adalah untuk mulai menggunakan dan mengembangkan cloud secara lebih maksimal (Accenture, 2020). Untuk mengembangkan penerapan ERP berbasis cloud guna menghasilkan nilai lebih bagi perusahaan, salah satu sarana yang bisa digunakan adalah dengan menggabungkan teknologi ERP berbasis cloud dengan data analytics.

Penggunaan data analytics pada ERP mampu membantu perusahaan untuk melakukan manajemen atas modal kerja secara lebih efektif dan juga mampu meningkatkan posisi kas perusahaan yang membantu perusahaan untuk lebih berhemat. Selain itu, pengimplementasian data analytics pada ERP juga mampu membantu perusahaan untuk melakukan perbandingan dengan kompetitor yang berada di lini industri yang sama. Hal ini mampu membantu perusahaan untuk menentukan langkah yang perlu ditempuh. Selain itu, kemampuan analisis atas jutaan transaksi sekaligus juga membantu perusahaan untuk menemukan model bisnis dan scenario yang tepat dan sesuai untuk bisnis perusahaan (KPMG, 2016).

Oracle, salah satu penyedia ERP berbasis cloud juga sudah mulai mengimplementasikan data analytics dalam layanan mereka. Salah satu fitur utama yang ditawarkan adalah hadirnya dashboard, yang membuat data mampu diakses secara mudah dan dianalisis secara real-time. Kemampuan analisis data secara real-time juga membantu perusahaan untuk mampu melakukan pengambilan keputusan secara cepat berdasarkan hasil dari data yang ditampilkan secara real-time pada dashboard. Mengingat bahwa data yang bisa dianalisis pada ERP berbasis cloud memiliki jumlah yang besar, maka perusahaan mampu melakukan prediksi untuk melihat bagaimana prospek dan perencanaan yang mampu diadopsi oleh perusahaan yang sesuai dengan perusahaan (Baker Tilly, 2021).

Sumber:

  • Accenture. (2020). Accenture. Retrieved from Accenture: https://www.accenture.com/_acnmedia/PDF-119/Accenture-ERP-Report-2020.pdf
  • Baker Tilly. (2021, April 27). Baker Tilly. Retrieved from Baker Tilly: https://www.bakertilly.com/insights/managing-your-data-and-dashboards-with-oracle-cloud
  • KPMG. (2016). KPMG. Retrieved from KPMG: https://advisory.kpmg.us/content/dam/advisory/en/pdfs/erp-analytics-2016.pdf

Image Sources: Google Images