Pengisian saldo dalam dompet digital merupakan transaksi yang sering dilakukan oleh pengguna. Pengisian saldo ini dapat dilakukan melalui transfer dari rekening bank atau kartu kredit dan lain sebagainya.

Pengisian saldo ini perlu dicatat dalam jurnal transaksi sebagai penambahan kas. Sebagai contoh Ibu Mei Bong mengisi dompet digital sebesar Rp 800.000,-

Pengisian Dompet Digital                   Rp 800.000,- (D)

Kas                                Rp 800.000,- (C)

 

Pembayaran menggunakan dompet digital dapat dilakukan untuk berbagai jenis transaksi, seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, pembelian barang, dan lain sebagainya.

Pada saat pembayaran dilakukan, dompet digital akan mengurangi saldo yang tersedia. Pencatatan transaksi pembayaran ini harus dilakukan dalam jurnal transaksi sebagai pengurangan kas. Sebagai contoh Ibu Mei Bong Pembayaran menggunakan dompet digital sebesar Rp 380.000,-

 

Pengeluaran Dompet Digital  Rp 380.000,- (D)

Kas Dompet Digital                            Rp 380.000,- (C)

 

References

Micheal Higgins. (2021). The Future of Accounting : Will Digital Transformation Impact Accountants ?. Forbes Technology Council. May 19, 2021.

Media Industry Accounting Group. (2015). Making Sense of a complex world. Online gaming : Real issues in virtual worlds. Issue : 8, May 2015.

www.pwc.com/miag

Image Source: Google Images