Apa itu Lapping Fraud?

Lapping adalah teknik kecurangan akuntansi yang terjadi ketika seorang karyawan mengubah catatan keuangan untuk menyembunyikan uang tunai yang dicuri dari perusahaan. Pada dasarnya, karyawan akan mengambil uang tunai berikutnya yang diterima dan menerapkannya pada piutang untuk menutupi pencurian. Karyawan harus mengikuti praktik ini, jika tidak penipuan akan ditemukan.

Contoh skema lapping.

Seperti yang Anda lihat di bawah, karyawan penipu akan mengambil pembayaran dari Pelanggan A. Namun, untuk menutupi faktur untuk Pelanggan A, mereka akan mengambil pembayaran dari Pelanggan B. Kemudian untuk faktur Pelanggan B, mereka akan menggunakan pembayaran untuk Pelanggan C. Begitu penipu mulai di jalan ini, itu tidak pernah berhenti!

Misalnya, asumsikan bahwa perusahaan menerima pembayaran $ 150, tetapi dialihkan oleh petugas akuntansi ke akun pribadi. Untuk menyembunyikan pencurian, petugas akan menerapkan piutang kedua untuk masuk, dengan asumsi $ 200, ke piutang pertama. Ini menyisakan sisa $50 untuk diterapkan pada piutang kedua, dan kemudian $150 perlu dibayar. Pembayaran ketiga kemudian akan diterapkan untuk menutupi saldo yang tersisa pada yang kedua, yang keempat akan mencakup yang ketiga, sedangkan yang kelima akan mencakup yang keempat, dan seterusnya.

Lapping terjadi ketika seorang karyawan mengubah catatan piutang untuk menyembunyikan pencurian uang tunai. Ini dilakukan dengan mengalihkan pembayaran dari satu pelanggan, dan kemudian menyembunyikan pencurian dengan mengalihkan uang tunai dari pelanggan lain untuk mengimbangi piutang dari pelanggan pertama. Jenis penipuan ini dapat dilakukan selamanya, karena pembayaran yang lebih baru terus digunakan untuk membayar hutang yang lebih lama, sehingga tidak ada piutang yang terlibat dalam penipuan yang pernah tampak setua itu.

Skema lapping mengacu pada praktik penipuan yang melibatkan perubahan piutang untuk menyembunyikan pembayaran piutang curian. Metode ini terdiri dari mengambil pembayaran piutang berikutnya dan memanfaatkan untuk menutupi pencurian. Piutang berikutnya diterapkan pada piutang sebelumnya yang belum dibayar, dan seterusnya.

Bagaimana Cara Kerja Skema Lapping? 

Skema lapping biasanya terjadi di perusahaan kecil di mana hanya satu individu yang dapat mengontrol penerimaan kas, serta, penagihan pelanggan. Perusahaan mampu mencegah pemberhentian dengan melakukan audit penerimaan kas secara teratur, dan dengan memisahkan tanggung jawab kasir, serta, penagihan. Skema lapping dapat dideteksi dengan menelusuri cara-cara di mana penerimaan tunai telah diterapkan ke rekening pelanggan. Tanda lapping termasuk peningkatan penuaan piutang. Skema ini mampu menyembunyikan pencurian sementara. Akhirnya, kekurangan itu terungkap dan dicatat sebagai kerugian.

Di mana Lapping Terjadi?

Lapping paling mudah dilakukan ketika hanya satu karyawan yang terlibat dalam semua tugas penanganan dan pencatatan uang tunai. Situasi ini paling sering muncul dalam bisnis yang lebih kecil, di mana seorang pemegang buku dapat bertanggung jawab atas semua tugas akuntansi. Jika tugas-tugas ini dibagi di antara beberapa orang (dikenal sebagai pemisahan tugas), maka lapping hanya dapat dilakukan ketika dua atau lebih karyawan terlibat.

Cara Mendeteksi Lapping.

Lapping dapat dideteksi dengan melakukan peninjauan berkala terhadap catatan penerimaan kas, untuk melacak pembayaran hingga piutang yang belum dibayar. Jika ada bukti berkelanjutan bahwa penerimaan tunai secara rutin diterapkan terhadap akun pelanggan yang salah, maka kasir sangat tidak kompeten atau ada skema lapping aktif yang sedang berlangsung.

Lapping biasanya mengharuskan orang yang terlibat dalam penipuan terlibat setiap hari, sehingga tidak dapat mengambil waktu liburan. Dengan demikian, memiliki seseorang yang menolak untuk mengambil waktu liburan yang telah mereka peroleh dapat dianggap sebagai indikator yang mungkin dari keberadaan lapping.

Kontrol terhadap lapping.

Ada banyak kontrol yang dapat digunakan untuk mencegah atau mendeteksi lapping. Pertimbangkan untuk menginstal beberapa atau semua kontrol berikut:

  • Mintalah seseorang selain kasir mengirimkan laporan kepada pelanggan. Pelanggan tahu apa yang mereka bayarkan kepada perusahaan, sehingga mereka harus dapat mendeteksi pembayaran yang tidak biasa yang terkait dengan akun mereka, atau perhatikan bahwa pembayaran tertentu tidak pernah diterapkan pada akun mereka.
  • Hubungi pelanggan dan tanyakan apakah mereka telah menerima laporan bulanan dari perusahaan. Pihak yang bertanggung jawab mungkin telah mencegat dan menghancurkan pernyataan sebelum dikirim.
  • Audit transaksi penerimaan kas secara teratur, seperti disebutkan di atas.
  • Mewajibkan semua karyawan di bidang akuntansi untuk mengambil semua waktu liburan mereka, tanpa kecuali.
  • Lacak hari-hari piutang usaha pada garis tren. Peningkatan bertahap dalam pengukuran ini dapat disebabkan oleh lapping.
  • Kontrol ketat penggunaan memo kredit. Pihak yang melakukan penipuan dapat mencoba untuk mengakhiri situasi yang tidak menguntungkan dengan menghapus piutang dalam jumlah dana yang hilang.
  • Cap semua cek dengan “Hanya Untuk Setoran,” sehingga karyawan tidak dapat menyetor cek ini ke akun mereka sendiri.
  • Minta pelanggan membayar langsung ke kotak kunci, sehingga uang tunai tidak dapat dicegat dan dicuri oleh karyawan.

Bagaimana tim audit atau karyawan lain dapat mendeteksi lapping?

Lapping dapat dengan mudah dideteksi dengan memahami bagaimana penerimaan kas telah diterapkan pada piutang. Jika uang tunai yang diterima dari pelanggan diterapkan ke akun pelanggan yang berbeda, maka lapping mungkin sedang dimainkan (atau bisa juga kesalahan!).

Bagaimana lapping bisa dicegah?

Cara terbaik untuk mencegah lapping adalah dengan memiliki pemisahan tugas yang tepat di departemen kas atau perbendaharaan. Ini melibatkan pemisahan peran menerima uang tunai dan menerapkan uang tunai dalam catatan akuntansi ke akun pelanggan tertentu. Lapping masih bisa terjadi, tetapi kedua karyawan harus berada di dalamnya!

Referensi:

  • Gordon, J. (2021). Lapping Scheme – Explained. The Business Professor. USA
  • Image (2022). Google Image.
  • Jessy (2022). Lapping Fraud Definition. Accounting CPE. USA