Kepulauan Cayman adalah negara kecil di Karibia yang dikenal sebagai salah satu negara surga pajak di dunia. Negara ini memiliki kebijakan pembebasan pajak bagi warganya dan menarik banyak investor asing. Berikut adalah beberapa potret menarik tentang surga pajak di Kepulauan Cayman:

  1. Kepulauan Cayman adalah yurisdiksi penempatan aset di luar negeri terdepan di dunia. Pada 2014, kepulauan ini menyimpan aset perbankan senilai 1,4 triliun dollar AS dan merupakan rumah bagi lebih dari 11.000 mutual funds dan beberapa lembaga penempatan dana lain dengan nilai 2,1 triliun dollar AS.
  2. Sektor layanan keuangan Cayman Islands menyumbang hampir dari separuh produk domestik bruto (PDB) negara itu. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sektor keuangan bagi perekonomian Kepulauan Cayman.
  3. Kepulauan Cayman juga memiliki banyak aturan kerahasiaan yang bisa menjebloskan seseorang ke penjara. Tidak heran jika negara ini menjadi tempat favorit bagi para oligarki dan pengusaha kaya untuk menyimpan aset mereka.
  4. Pada April 2022, pemerintah Kepulauan Cayman membekukan aset senilai US$ 7,3 miliar atau setara dengan Rp 104 triliun milik oligarki Rusia. Hal ini menunjukkan bahwa Kepulauan Cayman tidak hanya menjadi tempat favorit bagi para pengusaha kaya, namun juga menjadi target pemerintah untuk memerangi korupsi dan pencucian uang.
  5. Meskipun Kepulauan Cayman adalah negara surga pajak, namun negara ini juga memiliki aturan ketat terhadap perusahaan asing yang beroperasi di negara ini. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa perusahaan asing yang beroperasi di Kepulauan Cayman mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku.

Surga pajak di Kepulauan Cayman menunjukkan betapa pentingnya pajak dalam perekonomian global. Namun, pajak juga harus diterapkan secara adil dan transparan untuk memastikan keadilan sosial dan ketahanan fiskal negara.

Referensi:

Image Source: Google Images