Restrukturisasi perusahaan adalah upaya untuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja suatu perusahaan, termasuk menata ulang kepemilikan, sistem operasional, atau sistem hukum atau keuangan perusahaan. Tujuan restrukturisasi perusahaan adalah untuk membuat struktur organisasi perusahaan lebih sesuai dengan kebutuhan saat ini atau di masa depan.

Restrukturisasi perusahaan biasanya dilakukan untuk meningkatkan tiga aspek yaitu aset/portofolio, modal/keuangan, dan manajemen/organisasi. Saat melakukan restrukturisasi, penting untuk mempertimbangkan kepentingan semua pihak yang terlibat dalam bisnis, seperti pemegang saham, karyawan, kreditor, mitra bisnis, dan masyarakat.

Restrukturisasi perusahaan dapat membantu perusahaan untuk tetap beroperasi dan mempertahankan pekerjaan karyawannya. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti penyesuaian jadwal, masa jaminan, perbaikan, penurunan tingkat suku bunga, pemberian utang baru, utang ke aset, utang ke ekuitas, penjualan aset yang tidak produktif atau tidak langsung, perubahan utang menjadi obligasi, dan perubahan utang menjadi obligasi konversi.

Perusahaan melakukan restrukturisasi karena berbagai alasan, tetapi biasanya disebabkan oleh keinginan untuk memaksimalkan aset dan kinerja mereka atau untuk memfokuskan diri pada penerapan strategi baru. Hukum dan prosedur perijinan, akuntansi, sinergi sumber daya manusia, valuasi dan pendanaan, perpajakan, dan persaingan usaha adalah beberapa elemen penting yang harus dipertimbangkan saat membuat strategi restrukturisasi.

Referensi:

  • https://www.xendit.co/id/blog/tentang-restrukturisasi-perusahaan-kenapa-anda-perlu-melakukan-ini/
  • https://ekonomi.bunghatta.ac.id/index.php/en/article/231-mengenal-restrukturisasi-perusahaan
  • https://lib.ui.ac.id/file?file=digital%2F2016-8%2F20325708-S24994-Eva+Murlian.pdf
  • https://investaadvisor.com/mengenal-apa-itu-restrukturisasi-perusahaan/
  • http://repository.ubharajaya.ac.id/11880/1/Buku%20M%20%26%20A%20Adler%20John%20Sawitri%20and%20Ferdinand%20ISBN%2003112021.pdf
  • https://www.adeiaconsulting.com/mengenal-restrukturisasi-perusahaan

Image Source: Google Images