Cash opname adalah pemeriksaan atau audit kas fisik, yang mencakup uang logam dan fisik. Nilai uang ini dibandingkan dengan mutasi kas atau catatan akuntansi dengan jumlah uang yang sedang dipegang oleh perusahaan, baik itu yang disimpan di brankas perusahaan atau di tangan.

Tetapi, pemeriksaan fisik uang kas ini tidak hanya memeriksa uang logam dan kertas; uang dalam bentuk seperti cek, giro, dan wesel juga diperiksa. Ketika diperiksa, ada perbedaan atau perbedaan antara saldo di buku besar dan saldo fisiknya. Nilai perbedaan tersebut harus divalidasi dan dimasukkan ke dalam formulir pemeriksaan perusahaan.

Auditor biasanya melakukan pemeriksaan kas secara fisik ini dengan melakukan pengujian fisik yang melibatkan perhitungan aset atau aktiva berwujud, seperti kas, persediaan, peralatan, bangunan, dan lain-lain. Cash opname ini tidak dapat dilakukan pada aset atau tidak dapat dibuktikan keberadaannya, terutama jika tidak dibuktikan melalui dokumentasi seperti investasi, pendapatan, piutang perusahaan, kewajiban, dan pembayaran di muka.

Referensi:

  • https://accurate.id/akuntansi/cash-opname/

Image Source: Google Images