Bagaimana Penggunaan Informasi Akuntansi Manajemen Yang Efektif

Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Laporan akuntansi manajemen sering kali diabaikan oleh bisnis yang lebih kecil, tetapi memberikan wawasan penting tentang kinerja bisnis

Setiap pemilik bisnis mengetahui pentingnya laporan keuangan dasar: mereka memberikan wawasan tentang kesehatan keuangan melalui berbagai cara, seperti melacak laba rugi dan memantau arus kas.

Apa laporan akuntansi manajemen?

Satu penjelasan sederhana dari laporan manajemen keuangan, atau laporan akuntansi manajemen seperti yang sering dikenal, adalah memberikan wawasan spesifik tentang operasi Anda dan memungkinkan Anda untuk menilai kinerja bisnis Anda pada kuartal berikutnya atau bahkan tahun depan. Yang terpenting, ini dapat mengungkapkan tren, terutama jika laporan tersebut membandingkan kuartal sebelumnya atau kinerja tahun ke tahun dibandingkan dengan tahun lalu.

Laporan akuntansi manajemen yang khas akan memberikan banyak informasi keuangan yang berguna untuk bisnis kecil, termasuk:

  • gambaran arus kas Anda
  • berapa banyak uang yang masuk dan keluar dari bisnis Anda selama periode yang Anda lihat
  • untung / rugi untuk periode yang sama
  • informasi tentang aset, kewajiban, dan ekuitas bisnis Anda
  • data rinci tentang piutang dan hutang Anda untuk jangka waktu tertentu

Untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ini, kami telah menyertakan garis besar singkat tentang seperti apa laporan akuntansi manajemen pada umumnya. Ada banyak platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat laporan ini, tetapi beberapa yang paling jelas berasal dari Xero, layanan perangkat lunak akuntansi berbasis cloud yang sangat baik dan contoh berikut diambil dari salah satu laporannya.

Bagaimana informasi akuntansi manajemen dapat digunakan secara efektif?

Melihat semua informasi yang Anda terima dari laporan akuntansi manajemen adalah satu hal, tetapi memahami bagaimana menggunakannya secara efektif adalah masalah lain sepenuhnya.

Ringkasan eksekutif pada dasarnya adalah versi ringkas dari keseluruhan laporan. Anda dapat menggunakan informasi di sini untuk membuat catatan tentang poin dan masalah utama yang bisnis Anda temui selama periode tersebut.

Informasi dalam ringkasan kas Anda akan sangat membantu mengelola pengeluaran Anda, karena data menunjukkan di mana dan bagaimana uang Anda dibelanjakan. Ini juga menunjukkan kepada Anda berapa banyak uang yang masuk ke bisnis Anda dan dari sumber apa, memungkinkan pola tertentu untuk dilihat jika Anda tahu bagaimana menafsirkan data. Misalnya, bisnis kecil Anda dapat menghabiskan banyak uang untuk membuat produk tertentu, tetapi ringkasan tunai menunjukkan bahwa produk yang sama tidak menghasilkan banyak pendapatan. Dengan membandingkan ringkasan kas Anda dari laporan sebelumnya, ini memungkinkan Anda untuk melihat apakah ini adalah kejadian satu kali atau biasa.

Laporan laba / rugi adalah alat penting lainnya untuk melacak perkembangan bisnis Anda karena ini memberi Anda laba / rugi bersih untuk periode tertentu, yang dapat Anda bandingkan dengan laporan sebelumnya dan yang akan datang. Idealnya, Anda akan melihat laba bersih yang cukup konstan untuk bisnis Anda, sebaiknya meningkat seiring waktu. Namun, bergantung pada sifat bisnis Anda, ini dapat berfluktuasi, terutama untuk bisnis yang terpengaruh oleh tren musiman. Beberapa bulan mungkin menunjukkan kerugian yang signifikan, hanya karena stok produk belum dibeli. Jika demikian, maka akan tercermin dalam ringkasan kas, ditambah datanya juga menyoroti pentingnya memiliki arus kas yang sehat untuk mendukung jenis profil bisnis ini.

Informasi di neraca memberi gambaran umum tentang posisi keuangan bisnis. Data tersebut dapat memberikan wawasan berharga tentang di mana letak kewajiban Anda dan cara mendapatkan hasil maksimal dari aset yang dimiliki. Tentunya juga bisa dijadikan dasar valuasi bisnis dan yang terpenting jika bisnis tersebut solvent.

Bibliography

Rachmawati, R. (2016). Struktur Organisasi, Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen6(1), 155661.

Santoso, H. F. (2012). Akuntansi lingkungan tinjauan terhadap sistem informasi akuntansi manajemen atas biaya lingkungan. Jurnal akuntansi12(2), 635-654.

Sigilipu, S. (2013). Pengaruh Penerapan Informasi Akuntansi Manajemen dan Sistem Pengukuran Kinerja terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi1(3).

Image Sources: Google Image

JT