Pada 20 Maret 2023, Bapak Tommy Andrian (SCC – Accounting Fundamentals) dari Accounting Program, School of Accounting mendapat kesempatan berkunjung ke SMA Darma Yudha, Pekanbaru (Riau). Dalam kunjungannya, Pak Tommy membawakan dua materi yaitu Auditing in Metaverse dan Taxation Career for Millenials. Untuk topik Auditing in Metaverse bertujuan untuk memberikan pengenalan kepada siswa-siswi terkait bahwa audit merupakan bagian dari ilmu akuntansi. Di mana, Audit merupakan sebuah proses pengumpulan serta pemeriksaan bukti mengenai informasi guna menentukan dan membuat laporan terkait tingkat kesesuaian antara informasi dan kriteria yang ditetapkan. Di dalam audit terdapat asersi manajemen yang akan menjadi pertimbangan untuk auditor dalam mencapai tujuan auditnya serta menjadi dasar auditor untuk menyatakan pendapatnya (opini) atas bukti yang didapatkan selama proses audit berlangsung.

Dalam pemaparannya dijelaskan bahwa prosedur audit dapat juga dilaksanakan pada dunia metaverse. Dunia metaverse merupakan bagian internet dari realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dalam dunia internet. Metaverse ini melahirkan adanya interaksi dalam ruang virtual. Terdapat pula yang disebut sebagai NFT atau Non-Fungible Tokens, yang merupakan mata uang yang digunakan dalam dunia virtual. Guna memastikan asersi manajemen di dunia metaverse dapat melalui prosedur audit observasi dengan mendemokan langsung masuk ke dunia metaverse agar memastikan keberadaan dari digital aset klien agar memastikan tidak ada salah saji atau fraud dengan cara auditor harus memiliki avatar untuk bisa eksplorasi dunia metaverse dan melalukan observasi sehingga siswa-siswi memiliki pemahaman bagaimana mekanisme audit di dunia virtual.

Kemudian, untuk topik Taxation Career for Millenials ini ingin memberikan tambahan wawasan akan pengertian pajak, mengenal banyak jenis pajak, dan peluang karir dibidang perpajakan yang menarik untuk para millenials. Hal ini semua diharapkan semakin menimbulkan kesadaran akan kewajiban perpajakan dan update knowledge dibidang pajak.

Terima kasih kepada SMA Darma Yudha atas kesempatan bagi Accounting Program.

Source:

Dokumentasi Pribadi (2023)