Perang yang terjadi antara rusia dan ukraina yang telah berlangsung sejak akhir februari lalu ternyata berdampak pada dunia cryptocurrency. Berikut ini merupakan dampak dari perang tersebut terhadap cryptocurrency:

Harga crypto menguat

Di hari pertama invasi Rusia ke Ukraina yang terjadi pada tanggal 24 Februari 2022, telah menyebabkan kepanikan pasar dimana para investor lebih memilih menjual aset berisiko mereka secara besar-besaran sejalan dengan terus turunnya harga index pasar (Mbah & Wasum, 2022). Diketahui bahwa harga Bitcoin sempat menyentuh angka di bawah $35.000 sementara Etehereum terus turun sampai 12% di kisaran harga $2.300. Di saat yang sama, saham global juga mengalami penurunan drastis, sementara emas dan harga minyak meroket lebih tinggi karena kedua aset tersebut dianggap safe heaven (Adekoya et al., 2022). Namun menariknya adalah saat Rusia mendapatkan sanksi ekonomi akibat keputusan invasi sebelumnya tersebut justru membuat harga Bitcoin dan crypto lainnya meningkat secara signifikan. Hal ini karena baik Rusia maupun Ukraina, keduanya merupakan negara penghasil tambang Bitcoin terbesar di dunia (Allinger et al., 2022). Diketahui bahwa Bitcoin berhasil menembus harga di level kisaran US$ 42.000 dengan kapitalisasi pasar yang menyentuh US$ 810 miliar.

Ukraina legalkan penggunaan crypto

Pada bulan Februari yang lalu, parlemen Ukraina meloloskan RUU untuk melegalkan cryptocurrency dan mempersiapkan kerangka kerja untuk regulasi dan pengelolaan cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum (Cheng, 2022). Kemudian pada 16 Maret 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, telah menandatangani menjadi Undang-Undang.

Kementerian Transformasi Digital Ukraina menyatakan bahwa dengan adanya aturan tersebut, maka pertukaran cryptocurrency di Ukraina dapat dilakukan secara legal. Dari undang-undang tersebut berisi status hukum, klasifikasi dan kepemilikan aset virtual, membentuk bidang hukum untuk pasar aset virtual, termasuk daftar penyedia aset virtual dan ketentuan pendaftarannya. Selain itu, di undang-undang tersebut juga berisi kerangka kerja untuk pelaksanaan langkah-langkah pemantauan keuangan.

Dari sisi regulator, pemerintah Ukraina telah menunjuk Bank Nasional Ukraina dan Komisi Pasar Saham dan Keamanan Nasional Ukraina untuk menjadi regulator resmi di pasar kripto Ukraina. Diketahui bahwa komisi tersebut akan membentuk dan menerapkan kebijakan negara dalam aset virtual, menentukan urutan perputarannya, mengeluarkan izin kepada penyedia layanan aset virtual, dan tentu saja mengatur, mengawasi, dan memantau keuangan di lapangan.

Ukraina galang donasi dalam bentuk Crypto

Pemerintah Ukraina meluncurkan program donasi aset kripto yang bertajuk “Bantuan untuk Ukraina” dalam rangka melawan invasi Rusia (Panchenko, 2022). Program tersebut diketahui merupakan inisiatif kemanusiaan untuk orang-orang yang terdampak perang dan dari program ini diharapkan juga dapat membantu militer Ukraina menyeimbangkan kekuatan mereka saat melawan agresi Rusia. Pada program ini, Ukraina menerima donasi aset kripto dan fiat ke akun penggalangan dana dari Bank Nasional Ukraina. Dari program tersebut, lebih dari 4.000 donasi telah berhasil dikumpulkan dan 1 donatur yang tidak dikenal diketahui telah menyumbangkan Bitcoin senilai 3 juta dollar AS kepada sebuah LSM resmi di Ukraina.

Reference:

  • Adekoya, O., Oliyide, J. A., & Yaya, O. S. (2022). Does Oil Connect Differently with Prominent Assets During War? Evidence from Intra-Day Data During the Russia-Ukraine Saga. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4067210
  • Allinger, K., Barisitz, S., & Timel, A. (2022). Russia ’ s large fintechs and digital eco ­ systems – in the face of war and sanctions. Focus on European Economic Integration, 1–19.
  • Cheng, M. (2022). The Ukraine Crisis: Causes, Conundrum and Consequences. Journal of Social and Political Sciences, 5(2), 96–111. https://doi.org/10.31014/aior.1991.05.02.350
  • Mbah, R. E., & Wasum, D. (2022). Russian-Ukraine 2022 War: A Review of the Economic Impact of Russian-Ukraine Crisis on the USA, UK, Canada, and Europe. Advances in Social Sciences Research Journal, 9(3), 144–153. https://doi.org/10.14738/assrj.93.12005
  • Panchenko, T. (2022). Prospects for Integration of Ukrainian Refugees into the German Labor Market : Results of the ifo Online Survey *. 23, 67–75.

Image Source: Google Images