Sustainable Development Goals (Bagian 4)

Target dari SDGs keempat adalah Quality Education dengan memastikan pendidikan inklusif dan berkualitas untuk semua dan mempromosikan pembelajaran secara terus menerus. Mendapatkan pendidikan yang berkualitas merupakan fondasi untuk memperbaiki kehidupan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan. Kemajuan besar telah dicapai untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan di semua tingkat dan meningkatkan tingkat partisipasi di sekolah terutama untuk perempuan dan anak perempuan. Keterampilan keaksaraan dasar telah meningkat pesat, namun upaya yang lebih berani diperlukan untuk melakukan langkah lebih besar lagi dalam mencapai tujuan pendidikan universal. Misalnya, dunia telah mencapai kesetaraan dalam pendidikan dasar antara anak perempuan dan anak laki-laki, namun hanya sedikit negara yang mencapai target tersebut di semua tingkat pendidikan.
Pendidikan merupakan kunci yang dapat membuat SDGs lainnya untuk dapat dicapai. Ketika manusia mendapatkan pendidikan yang setara, maka mereka akan hilang dari lingkaran kemiskinan. Pendidikan juga mmebantu dalam mengurangi ketidaksetaraan dan mencapai kesetraan gender. Pendidikan juga akan memperkuat manusia untuk hidup lebih sehat dan hidup berkelanjutan. Pendidikan juga sangat krusial di dalam membina toleransi antar manusia dan berkontribusi pada lingkungan sosial yang damai.
Pada masa sekarang ini, wanita dan anak perempuan merupakan grup yang susah di dalam mendapatkan akses pendidikan. Sekiat satu per tiga dari negara yang masuk ke dalam region perkembangan tidak mendapatkan paritas gender di pendidikan dasar. Dengan adanya keterbatasan di dalam pendidikan juga akan membuat ketidakuntungan yaitu berupa terbatasnya akses untuk mendapatkan kemampuan dan kesempatan terbatas di dalam lingkungan pekerjaan bagi wanita muda. (SPH)