Kegiatan utama perbankan investasi adalah meningkatkan pembiayaan hutang dan ekuitas untuk perusahaan atau pemerintah. Ini melibatkan pembuatan sekuritas, penjaminan emisi, dan kemudian menempatkannya dengan investor. Dalam pengaturan umumnya, sebuah perusahaan mendekati bank investasi yang menunjukkan bahwa ia ingin mendapatkan sejumlah dana tertentu dalam bentuk hutang, ekuitas, atau instrumen campuran seperti obligasi konversi.  

Surat berharga tersebut berasal lengkap dengan dokumentasi hukum yang merinci hak-hak pemegang surat berharga. Prospektus dibuat menguraikan kinerja masa lalu perusahaan dan prospek masa depan. Risiko yang dihadapi oleh perusahaan dari hal-hal seperti tuntutan hukum besar disertakan. Ada “road show” di mana investasi bank dan manajemen senior dari perusahaan mencoba untuk memasarkan sekuritas ke manajer dana besar. Harga untuk sekuritas disepakati antara bank dan korporasi. Bank kemudian menjual sekuritas di pasar.  

Ada sejumlah jenis pengaturan antara bank investasi dan korporasi. Terkadang pembiayaan berbentuk penempatan pribadi di mana sekuritas dijual ke sejumlah kecil investor institusi besar, seperti perusahaan asuransi jiwa atau dana pensiun, dan bank investasi menerima bayaran.  

Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada sumber yang ada dari buku “Risk Management and Financial Institution”.

Image Sources: Google Images