Pada masa sekarang ini yaitu revolusi industri 4.0, teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat dibandingkan tahun – tahun yang lalu. Cara hidup manusia sendiri dan juga proses bekerjanya pun berubah dikarenakan harus berdampingan dengan teknologi.

Dalam bidang akuntansi sendiri pun pada masa sekarang sudah jauh berkembang mulai dari proses pencatatan keuangannya hingga samapi ke pelaporan keuangannya karena sudah mengiktui perkembangan dalam masa revolusi industri 4.0 ini.

Perusahaan di era industri 4.0 ini sekarang sangat membutuhkan investasi dalam bentuk teknologi yang dapat membantu peruahaan untuk menjaga reputasinya pada masa sekarang, sehingga dibutuhkan adanya IT spending. IT spending disini yang dimaksud adalah perusahaan harus mengambil keputusan untuk dapat meningkatkan strategi bisnisnya dan juga strategi teknologi. IT spending ini diharapkan dapat membantu perusahaan pada masa sekarang dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi dan juga transaksi keuangan. IT spending yang dilakukan pada masa sekarang adalah dengan cara meningkatkan layanan melalui sistem teknologi Big Data dan juga Cloud Computing.

Teknologi – teknologi ini juga harus dikuasai oleh para akuntan pada masa sekarang ini seperti teknologi dan analisis Big Data dan juga Cloud Computing yang dapat membantu meningkatkan kerja sehingga dapat menjadi lebih efisien dan juga lebih efektif.

Dengan menggunakan Big Data, para akuntan dapat menggali informasi dengan cukup banyak dikarenakan Big Data sendiri dapat memberikan akses informasi yang cukup banyak melalui proses pengolahan data mentah agar selanjutnya dapa dilakukan analisis data dan diberikan ke beberapa divisi organisasi.

Big Data juga memerlukan sistem keamanan yang cukup canggih sehingga dibutuhkan adanya Cloud Computing karena dapat mencegah terjadinya masalah dalam penyimpanan data.

Reference:

  • M.Nasir  dan  Mardiasmo,  Siaran  Pers  Kemenristekdikti,  (2018),
  • Menristekdikti: Profesi Akuntan Harus Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0
  • Prajanto, A., & Pratiwi, R. D. (2019). Revolusi Industri 4.0: Desain Perkembangan Transaksi dan Sistem Akuntansi Keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT)10(1), 86-96.
  • http://jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/jimat/article/view/187/175

Image Sources: Google Images