Yang Dibutuhkan Akuntan Masa Depan

Banyak yang menyangsikan bahwa akuntansi bisa bertahan dalam revolusi industry 4 ini. Ada yang yakin bahwa akuntansi dan profesinya akan punah dsn tak diperlukan lagi. Tapi banyak juga pakar yang yakin akuntansi akan tetap exixt jika dia meng-upgrade diri dengan menyesuaikan keadaan dan kemajuan teknologi. Ammy Vetter (2018) dalam Journal of Accountancy menjelaskan beberapa hal yang harus disiapkan akuntan masa depan, diantaranya:

  1. Dapatkan di cloud

Yang pertama dilakukan adalah get in the cloud/dapatkan cloud. Mungkin manfaat cloud yang paling penting adalah akses data dan sumber daya komputasi yang tersedia kapan saja, di mana saja. Ketika Anda memberikan klien Anda akses berbasis cloud ke laporan keuangan real-time, mereka dapat membuat keputusan operasional berdasarkan informasi terkini dari sistem akuntansi mereka. Teknologi cloud juga memungkinkan Anda untuk menyediakan pemantauan konstan, bukan analisis berselang setiap kali informasi dibagikan kepada Anda. Di dunia di mana Anda dapat memulai episode acara TV favorit Anda di komputer dan menyelesaikannya di ponsel Anda, kemampuan berbagi dan konektivitas adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Teknologi cloud menyediakan itu.

2.Memahami otomatisasi

Mungkin perubahan besar yang dihadapi profesi akuntansi adalah kedatangan kekuatan komputasi yang dapat membuat entri data usang. Kecerdasan buatan (AI) adalah teknologi yang memimpin muatan dalam hal ini. Semua perusahaan Big Four sudah menggunakan AI dalam berbagai cara. Dalam berita, salah satu skenario kasus penggunaan yang paling sering dibahas untuk AI adalah mobil yang dapat dikendarai sendiri. Anda memasukkan alamat ke dalam program GPS, dan AI mobil menghitung cara terbaik untuk membawa Anda ke sana berdasarkan faktor-faktor seperti pola mengemudi, waktu tunggu, dan kecelakaan.

  1. Mulai pertimbangkan cryptocurrency

Terlepas dari apakah Anda telah memutuskan untuk menginvestasikan waktu dalam mempelajari detail bitcoin, tidak dapat disangkal bahwa cryptocurrency yang berbasis blockchain dan terdesentralisasi akan terus memainkan peran utama dalam pasar keuangan. Semakin banyak bisnis yang mulai menerima mata uang alternatif ini secepat mereka melakukan dolar kuno yang baik, memiliki layanan ramah crypto akan menjadi lebih dan lebih bernilai.

Akun pedagang, yang Coinbase adalah yang paling populer, memberi Anda fleksibilitas untuk menerima pembayaran dalam bitcoin atau cryptocurrency lainnya, seperti ethereum, tanpa harus menanggung risiko yang datang dengan bentuk mata uang baru yang mudah berubah ini. Saat Anda menggunakan akun pedagang, Anda dapat secara instan mengonversi semua pembayaran yang diterima dalam cryptocurrency menjadi dolar. Akun pedagang menjadi semakin umum, dan akuntan perlu tahu cara melaporkannya.

  1. Teruslah belajar dan berkomunikasi

Nasihat ini selalu hijau, tetapi sangat relevan dalam lingkungan profesional yang terus berubah. Seperti yang telah kita lihat dalam evolusi teknologi, itu tidak akan melambat, dan kita tidak bisa lagi menyangkal bahwa perkembangan masa depan akan memengaruhi profesi. Kemajuan teknologi secara eksponensial, yang berarti bahwa profesi kita (dan kehidupan kita) memiliki potensi untuk berubah lebih banyak dalam beberapa tahun daripada yang terjadi selama seluruh kehidupan kerja para pendahulu kita. Mengikuti perubahan-perubahan itu, bahkan yang tidak akan pernah membuahkan hasil, memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara efektif dengan klien Anda dan semua ketakutan tentang masa depan. Ini akan memastikan bahwa Anda tetap penting dalam hubungan dengan klien Anda karena mereka merasa aman bahwa Anda sedang mencari tren terbaru dan tahu bagaimana menasihati mereka, atau setidaknya mengarahkan mereka ke arah yang benar.

Demikian saran dari untuk akuntan masa depan.

 

Referensi/Sumber:

https://www.journalofaccountancy.com/newsletters/2018/nov/prepare-future-accounting.html

 

TR