Teknologi selalu berkembang dengan sangat cepat dari generasi ke genrasi sehingga selalu saja ada penemuan baru misalnya adalah Internet of Things (IoT) yang merupakan suatu program dimana sebuah objek dapat memiliki kemampuan untuk mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat kompter dan manusia. IoT juga sudah semakin berkembang dapat dilihat dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical (MEMS), internet, dan QR (Quick Responses) Code. IoT juga sebenarnya sudah ada di kehidupan kita sehari-hari, contohnya adalah penggunaan smartwatch yang dapat memelacak seluruh aktivitas kita, jumlah kalori yang terbakar, dan rutinitas tidur. Smartwatch tersebut dapat langsung menghubungkan ke handphone dan langsung mengirimkan data secara real time. Lalu, handphone akan menganalisa data tersebut untuk mengecek status data kita.

Seperti layaknya semua industry, IoT juga siap untuk mengubah industry akuntansi. Dengan kehadiran IoT dalam akuntansi, dapat membantu dalam otomatisasi proses inti dengan pengumpulan dan pemrosesan data yang lebih efisien. Berikut adalah beberapa contoh pengaruh Iot dalam akuntansi:

  1. Meminimalisir upaya audit
    Dengan adanya IoT, semua transaksi dapat dilacak dan dikirim ke departemen akuntansi secara real time sehingga seluruh transaksi sudah diketahui oleh akuntan serta merampingkan proses akuntansi sejauh upaya yang dilakukan untuk audit diminimalkan secara signifikan.
  2. Keputusan yang dibuat lebih baik
    IoT yang didampingi dengan tekenologi seperti AI dan Cloud, dapat membaqntu profesional akuntansi dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat. Peraqngkat IoT juga dapat mengumpulkan data real-time yang dapat dikirimkan ke server Clouduntuk analisis data dan otomatisasi proses dengan bantuan AI.
  3. Memperlancar operasi akuntansi
    Dengan adanya IoT dapat merampingkan alur kerja akuntansi karena semua pembayaran, faktur, dan tagihan akan diterima oleh profesional akuntansi tanpa campur tangan manusia.
  4. Manajemen tenaga kerja lebih efisien
    Dengan adanya IoT, akuntan dapat melacak efisiensi seorang akuntan selama seharian dengan memberi tahu jam-jam paling produkti dan paling tidak produktif sehingga dapat membantu auditor bekerja sesuai dengan jam yang produktif serta mendapatkan hasil maksimal dari setiap harinya.

IoT perlahan tapi pasti akan mengubah dunia akuntansi. Melihat dari sisi sifat proses akuntansi yang sangat sibuk, IoT akan datang sebagai bantuan untuk mengurangi waktu dalam mengelola data dan mendistribusikan informasi.

Referensi:

Image Sources: Google Images