Bank memiliki tanggung jawab dalam etika bisnisnya. Salah satunya adalah Bank of Asia. Bank yang berpusat di Bangladesh ini memiliki Business Ethics yang tinggi dalam menjunjung tinggi etika bisnisnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan keberlanjutan dalam usahanya dengan baik.

Pertama mengenai sikap Bank Asia, Ltd. (Bangladesh) apabila menemukan permintaan kredit yang menguntungkan namun memiliki risiko yang tinggi bagi lingkungan, maka bank akan mencermati prospek dari kredit tersebut. Bank Asia, Ltd. memiliki standar tersendiri dalam pengambilan keputusan apakah suatu proyek diambil atau tidak berdasarkan kriteria tertentu. Bank Asia, Ltd. menggunakan kategori industri untuk melihat mana sektor yang paling rentan terhadap kerusakan lingkungan. Sebagai contoh, industry galangan kapal, pembangkit listrik dan industri kimia merupakan industry yang paling rentan merusak lingkungan. Dari pembagian ini, Bank Asia, Ltd. kemudian melihat bagaimana risikonya masing-masing usaha (bedasarkan sektornya) dan menilai apakah risiko yang mungkin ditimbulkan berada dalam tahap yang bisa ditolerir (kreditur harus mampu mengikuti regulasi yang ada untuk menjaga lingkungan). Contoh mitigasi risiko yang harus dilakukan calon nasabah jika ingin mengambil kredit di Bank Asia, Ltd. Bank juga memperhatikan risiko lingkungan dengan tujuan supaya bank tidak membiayai perusahaan yang dapat menyebabkan kerusakan bagi lingkungan. Hasil penilaian dari bank ini jika menunjukan level yang optimal, maka bank dapat memberikan kredit bagi calon nasabahnya.

Kedua adalah apakah penerapan aturan mengenai lingkungan ini adalah sesuatu yang umum di Bangladesh dan bagaimana pandangan dari regulator mengenai kebijakan ini? Aturan mengenai lingkungan ini sudah mulai dijalankan oleh perbankan di Bangladesh, namun belum dilaksanakan sepenuhnya oleh semua bank yang ada di Bangladesh (penerapan masih terbatas). Dari sisi regulator, baik pemerintah maupun bank sentral di Bangladesh belum memberikan aturan yang jelas dan tegas mengenai lingkungan. Karenanya, belum semua bank di Bangladesh menjalankan aturan yang ketat mengenai lingkungan kepada calon nasabahnya.

Masih ada beberapa poin pembahasan mengenai etika bisnis perbankan, yang diambil dari Bank Asia, Ltd. (Bangladesh)

Sources:

  • Guest Lecturer Bapak Mohammad Ibrahim Khalil, FCA. (CFO Bank Asia, Ltd)

Image Sources: Google Images