Fitur – Fitur Dalam ACL Untuk Membantu Proses Audit

Audit Command Language (ACL) adalah perangkat lunak yang termasuk dalam kategori Generalized Audit Software (GAS). ACL di desain untuk mengumpulkan, melakukan analisa, serta mengevaluasi bukti yang dihasilkan dari pemrosesan transaksi perusahaan dan juga membantu menyiapkan serta menghasilkan laporan audit. ACL dikembangkan oleh Prof. Hart J. Will dari Canada pada tahun 1970-an dan kemudian dikelola oleh ACL Services Ltd, Vancouver, Canada. Dilansir dari hasil survey tahunan The Insitute of Internal Auditors, USA, tahun 2005, ACL merupakan pemimpin pasar dalam teknologi pengambilan data, analisa data, serta pelaporan. ACL telah dikembangluaskan dengan fungsi untuk memenuhi kebutuhan analisis data seluruh aktivitas bisnis operasional dalam perusahaan, di sektor audit ACL digunakan untuk analisis data, pencocokan dan pembandingan data, laporan penyimpangan, dan sebagainya.

ACL dapat membaca data berbagai macam sistem mulai dari model sistem mainframe lama hingga ke relational database modern. ACL merupakan jenis aplikasi “read-only”, dimana ACL tidak pernah mengubah sumber asli data sehingga aman untuk menganalisis jenis live-data. Perangkat lunak ini dapat melakukan akses data bervariasi secara langsung ke dalam database dari satu sumber data ke data lain. Ataupun mengakses dalam bentuk file textdengan waktu yang singkat tanpa mengganggu sistem yang sedang berjalan, serta dapat melakukan proses verifikasi hasil dari data yang diperoleh untuk menciptakan integrasi data yang dipercaya, dan juga hasil analisis data dari berbagai macam sumber tersebut dapat diandalkan. ACL dirancang khusus untuk menganalisa data dan menghasilkan laporan audit baik untuk pengguna biasa (common/nontechnical users) maupun pengguna ahli (expert users). Dengan menggunakan ACL, diharapakan pekerjaan auditing dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien baik dari aspek waktu maupun sumber daya yang dibutuhkan.

Dengan ACL proses auditing yang memakan waktu cukup lama dikarenakan tingkat kompleksitas tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat, akurat, tepat, dan murah dengan lingkup analisis yang lebih luas dan mendalam. Selain keuntungan dari segi efisiensi waktu, tenaga maupun biaya yang bisa didapatkan oleh perusahaan denganmenggunakan ACL, keuntungan lain yang didapatkan yaitu indikasipenyimpangan dalam pelaksanaan pekerjaan baik dari segi finansial maupun dari segi waktu juga dapat ditemukan dengan lebih mudah, cepat, dan akurat sehingga penindaklanjutan kecurangan tersebut dari segi hukum dapatdengan segera diupayakan. Dengan upaya dari segi hukum yang cepat dan tepat, maka diharapkan proses pekerjaan perusahaan tersebut dapat dijalankan kembali dengan normal dan efektif serta upaya preventif tindak kecurangan tersebut dapat lebih optimal untuk dikemudian hari.

Manfaat dari ACL Software Tools

  • Membantu dalam mengakses data baik secara langsung (direct) kedalam sistem jaringan ataupun  tidak langsung (indirect) melalui media lain seperti softcopy dalam bentuk teks file/report.
  • Menempatkan kesalahan dan potensial fraud sebagai pembanding dan menganalisa file-file menurut aturan-aturan yang ada.
  • Mengidentifikasi fenomena, menunjukan dengan tepatsasaran pengecualian data dan menyoroti potensial area yang menjadi perhatian.
  • Mengidentifikasi proses perhitungan kembali dan proses verifikasi yang benar.
  • Mengidentifikasi persoalan sistem pengawasan dan memastikan terpenuhinya permohonan dengan prosedur yang telah ditetapkan.
  • Menganalisaaccount receivable/payable atau beberapa transaksi lain dengan menggunakan basis waktu yang sensitif.
  • Memulihkan biaya atau pendapatan yang hilang dengan pengujian data pada data-data duplikasi pembayaran, menguji data-data nomor invoice/faktur yang hilang atau pelayanan yang tidak tertagih.
  • Menguji hubungan antara otorisasi karyawan dengan supplier.
  • Melakukan proses data cleansing dan data matching atau pembersihan data dari data-data duplikasi terutama dari kesalahan pengetikan oleh end-user.
  • Melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaaan dengan lebih fokus, cepat, efisien, dan efektif dengan lingkup yang lebih luas dan analisa lebih mendalam. Mendeteksi penyimpangan (fraud detection) dapat dilakukan dengan cepat dan akurat sehingga memiliki waktu lebih banyak dalam menganalisa data dan bukti.

 

Fitur dan Kemampuan ACL Software Tools

  1. Universal data access, yaitu dapat mengakses data dari hampir semua jenis databaseyang ada (DBF, XLS, Text File, report file, OrACLe, SQL, DB2, AS/400 FDF, COBOL, dsb) dan semua platform(PC, minicomputer, dan mainframe).
  2. Jumlah data besar, yaitu kemampuan dalam mengakses dan memproses data dalam jumlah yang sangat besar (hingga ratusan juta records).
  3. Kecepatan waktu rroses, kemampuanuntuk memproses dalam waktu yang singkat walaupun data yang diproses memiliki jumlah yang besar.
  4. Integritas data, dengan kemampuan mengakses database 100% (tanpa metode sampling) serta data yang bersifat read-onlyyang dapat menjamin originality atau otentitas, keamanan dan integritas data untuk pengolahan menjadi informasi yang bermanfaat bagi user dan manajemen.
  5. Automasi, pembuatan aplikasi audit yang sangat cepat dan mudah untuk melakukan automasi analisis data untuk efisiensi proses kerja.
  6. Multi file process, dapat digunakan untuk menangani beberapa file sekaligus, tanpa mengganggu operasional teknologi informasi yang dijalankan oleh perusahaan.
  7. Log file navigation, dilengkapi dengan log fileuntuk pencatatan proses analisis yang telah dilakukan sehingga menghasilkan suatu audit trail yang komprehensif.
  8. Fungsi analisis yang lengkap, dilengkapi fungsi-fungsi analisis yang sangat lengkap yang dapat dengan mudah dikombinasikan dalam menghasilkan temuan-temuan yang tidak pernah diestimasi sebelumnya.
  9. Pelaporan yang handal, kemudahan untuk merancang laporan yang handal syarat informasi yang bermanfaat serta dapat dikirimkan secara otomatis via email atau integrasi ke dalam softwareaplikasi Crystal Report.
  10. IT Audit, kemudahan dalam menguji integritas data dan menganalisis data yang ada di dalam databaseataupun menganalisis users yang telah masuk ke dalam suatu jaringan/network.

BLH