Dalam rangka meningkatkan keahlian dan keterampilan di bidang audit keuangan dan metode dan praktik audit, Program Studi Akuntansi Binus dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) bekerjasama dengan Kantor Akuntan Publik (KAP) Jamaludian Ardi Sukimto dan Rekan yang berafiliasi internasional dengan Audittrust menyelenggarakan event lomba simulasi audit bertajuk Audit Simulation Competition Binus – Audittrust 2020.

Audit simulation competition tersebut diikuti oleh mahasiswa Binusian 2022 dari kampus Kemanggisan, Alam Sutera dan Bekasi. Terdapat 12 tim yang berkompetisi yang mana masing – masing tim beranggotakan 5 orang mahasiswa. Nama ke 12 team yang bertanding adalah: Ngeker, Spirit, Dopa, Wesoy, Magic Scallop, Cleverine, Alsut Mania, Salim Group, SWAG, AWI, DIPIAI dan ACE.

Audit simulation tahun 2020 formatnya agak berbeda dengan penyelenggaraan di tahun – tahun sebelumnya, kalau sebelumnya diadakan secara off line, maka kali ini diselenggarakan secara online. Bertindak sebagai juri dalam audit simulation competition tersebut adalah partner dari Audittrust yaitu Bpk Kevin Muhamad Rizka dan Bapak Rizki Damir Mustika beserta Bpk Bambang Leo Handoko selaku coordinator rumpun Auditing.

Acara dibagi menjadi dua bagian, yaitu opening pada tanggal 23 November 2020 dan closing pada tanggal 27 November 2020. Acara opening diisi dengan kata sambutan dari Dekan fakultas Ekonomi dan Komunikasi Bapak Gatot Soepriyanto, kemudian dilanjutkan dari ketua umum HIMA Sdr Yehezkiel dan ketua panitia Sdr Rivaldi. Peserta diberikan waktu 2 x 24 jam untuk mengerjakan case yang terdiri dari 5 pos yaitu revenue, non-current asset, account receivable, current liabilities, income tax. Peserta menyajikan jawaban dari setiap pos dalam bentuk video berdurasi paling lama maksimal 15 menit yang dipublikasikan di Youtube.

Pada acara closing diisi sambutan dari Ketua Program Studi Akuntansi Ibu Ang Swat Lin Lindawati dan juga rangkuman dan penilaian dari partner Audittrust, yaitu Bapak Rizki Damir Mustika dan Bpk Kevin Muhamad Rizka. Tampil sebagai pemenang dalam Audit Simulation Competition Binus Ausittrust 2020 adalah Team AWI yang beranggotakan Vincent Louis, Jessika, Felicia Wigna, Shania Bianca, Jonathan Theodore dan Team Wesoy yang beranggotakan Celine Edena, Chersi Mayori, Henny Faustina, Karina Sahadi, Marchella Lukito.

Semoga dengan adanya kegiatan Audit Simulation Binus – Audittrust 2020 ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa mengenai bidang audit keuangan dan praktiknya di kantor akuntan publik.

BLH