Interview Online? Siapa takut?

Oleh: Setiani Putri Hendratno

Pada saat masa pandemic COVID-19, banyak perusahaan yang menerapkan WFH dan juga ada beberapa yang masih WFO. Bukan berarti dengan WFO,  perusahaan bisa dikunjungi oleh pihak external yang berkepentingan di perusahaan tersebut dengan leluasa, termasuk bagi kalian yang akan melakukan interview terkait dengan magang. Oleh karena itu, banyak sekali perusahaan yang memang menyediakan layanan interview online melalui aplikasi misalnya zoom, google meet, Microsoft teams, dan lainnya untuk membantu jalannya interview.

Bukan berarti dengan interview di dalam rumah kamu sendiri, kamu menggunakan baju atau pakaian yang kurang pantas untuk interview. Kamu juga harus tetap dandan agar terlihat rapi saat diinterview.

Berikut ini disimak tips penampilan kamu:

  1. Gunakan minimal kaos berkerah pada saat akan diinterview.
  2. Mandi dan gosok gigi, jangan karena di rumah dan tidak kemana-mana kamu tidak mandi. Dengan kamu mandi, kamu akan lebih segar dan cepat nyambung saat ditanya oleh pewawancara.
  3. Sisir rambut itu perlu, tidak mau kan rambut kamu awut-awutan seperti orang benar-benar baru bangun tidur seperti yang belum siap untuk melakukan aktivitas. Jika kamu memang mahasiswi berambut panjang namun sepertinya tidak ada waktu untuk merapikan rambut kamu, kamu bisa mengkuncirnya atau memang cepol rambut kamu. Bagi mahasiswi yang berhijab, jangan lupa menggunakan hijab terbaik kamu ya
  4. Make up jika dirasa memang diperlukan untuk mahasiswi yang mau interview. Make up yang natural saja, jangan yang terlalu mewah dengan menggunakan bulu mata palsu 4 lapis. Paling tidak gunakan lipstick berwarna netral agar penampilan kamu semakin percaya diri namun tetap sopan.

Nah, dengan begitu kamu siap untuk diinterview terkait dengan internship kamu. Selamat mencoba.