Dalam melakukan remote audit, perusahaan perlu untuk memiliki manajemen proyek, proses bisnis serta kemampuan penggunaan teknologi yang cakap. Untuk mendukung hal ini, maka akan diperlukan tujuan yang jelas, kolaborasi, transparansi, serta visi yang jauh ke depan. Dalam proses pengimplementasian remote audit, maka terdapat beberapa hal yang bisa memaksimalkan kinerja dari remote audit.

Hal pertama yang mampu mendorong kinerja dalam remote audit adalah pengimplementasian cloud computing. Cloud computing mampu menawarkan ruang kerja virtual bagi para pekerja di seluruh dunia, dimana para pekerja mampu membagikan ide, progress kerja, ataupun hasil pekerjaan mereka melalui jaringan cloud secara real-time dan akurat. Penggunaan cloud computing juga mendorong pengambilan keputusan berbasis fakta secara lebih mudah, dimana jika cloud computing digabungkan dengan pengetahuan atas manajemen penngetahuan digital yang baik, maka strategi pengimplementasian jaringan cloud akan menghasilkan informasi yang lebih mudah diakses dan aman. Selain itu, perusahaan perlu menerapkan agile principles, dimana perusahaan lebih berfokus pada pekerja dibandingkan proses dengan menekankan perencanaan yang berkelanjutan dan proses kerja yang terus meningkat. Tujuan dari agile principlkes ini adalah untuk pemenuhan objektif perusahaan dan memberikan value perusahaan yang lebih dini dan lebih sering. Selain itu, perusahaan perlu untuk melakukan manajemen dengan lebih baik dan terfokus pada hal-hal yang esensial. Untuk membuat proses remote audit mampu mengatasi resiko seperti biaya yang overrun, deadline yang terlewat, atau kegagalan dalam pemenuhan target bisnis perusahaan, maka diperlukan data analytics berbasis fakta. Berbagai sarana dari data analytics, seperti visualisasi data, output, ataupun penganalisa atas hasil data analitik yang digabungkan dengan dashboard otomatis yang terintegrasi akan mengatasi masalah-masalah tersebut secara mudah.

Sumber:

  • Deloitte. (n.d.). Deloitte. Retrieved from Deloitte: https://www2.deloitte.com/us/en/pages/audit/articles/three-insights-for-remote-auditing.