Akutansi Manajemen di Saat COVID-19 Berlangsung

Nama                                     : Emmanuel Halawa

2101726206                           : 2101726206

Site Supervisor                    : Setiani Putri Hendratno

Akutansi Manajemen di Saat COVID-19 Berlangsung

Banyak sekali pertanyaan yang menanyakan “Bagaimana kondisi akutansi keuangan berlangsung saat pandemi saat ini berlangsung? Apakah masih sama seperti saat belum terjadi wabah yang meresahkan segala sector bisnis yang ada?”

Tentu saja ada langkah langkah atau perubahan yang dilakukan oleh pihak pihak manajemen  untuk mengadaptasikan diri perusahaan saat krisis yang terjadi di sekajkarang sekarang ini. Termasuk dalam melakukan akutansi manajemen

Pengambilan Keputusan

Dalam hal ini pengambilan keputusan yang dilakukan dalam masa masa saat ini haruslah melalui analisa analasi yang sangat matang, dikarenakan jika salah dalam melakukan analisa dampak yang terjadi dapat jauh lebih berdampak fatal untuk kondisi bisnis tersebut.

Misalnya manajer pemasaran, saat hendak melakukan pengambilan keputusan untuk bagian penjualan, harus sangat mempertimbangkan kondisi dan emosi pasar yang sedang belangsung saat ini, karena kondisi pasar saat wabah ini melanda akan jauh berbeda dengan hari hari normal. Oleh karena itu cara-cara yang dilakukan dalam akutasi manajemen pada saat ini harus dilakukan penyesuaian , demi menjamin visi dan misi perusahaan dapat berjalan walaupun saat kondisi ekonomi yang memperihatikan ini, walaupun memang dalam beberapa pilihan tersebut masih banyak resiko yang harus ditanggung oleh perusahaan dan juga manajemen. Hal ini juga sangat memberatkan perusahaan ketika perusahaan harus me merumahkan banyak pegawainya akibat adanya pemberhentian aktivitas yang dilakukan di dalam perusahaan. Tentu saja ini bukanlah kondisi yang pengambilan keputusannya semena mena di lakukan oleh pihak perusahan tapi karena disertai dengan analisa yang telah dilakukan, oleh manajemen produksi untuk memastikan pengeluaran perusahaan tidak meledak di saat saat penjualan sedang turun turunya, maka jalan satu satunya yang bisa diambil yaitu melakukan PHK untuk tenaga kerjanya. Ini pun akan mengena kepada seluaruh ruang lingkup dari akutansi manajemen baik, Manajemen keuangan, Manajemen Produksi, dan Manajemen Pemasaran.

Mengukur dan Mememonitoring Kinerja Perusahaan

Langkah satu ini sangat wajib dilakukan dalam kondisi seperti sekarang ini sesuai dengan tugasnya manajemen adalah tindakan pengawasan atas aktifitas perusahaan. Kondisi keuangan harus benar benar dilakukan pengawasan tingkat tinggi, agar tidak ada yang mengambil kesempatan dalam kondisi yang sedang terjadi ini. Dan dari sini juga dapat terlihat strategi apa yang cocok dilakukan untuk kondisi kondisi saat ini, mana yang harus di berhentikan dan dikembangkan.

Misalnya perusahaan diwajibkan harus memilki fasilitas digital yang mempuni untuk menunjang syarat yang sedang berlaku saat ini yaitu harus melakukan jaga jarak, dan juga agar dapat menjangkau lebih luas, karena digital system ini terkenal dengan pertumbuhannya yang sangat pesat dan juga mobilitas yang ditawarkan sangat tinggi.

Kesimpulan

Dengan mengetahui secara lengkap tentang akutansi manajemen dan melakukan penerapan yang benar dalam perusahaan, tentunya ini akan membuat seluruh pelaporan keuangan perusahaan lebih terencana dan dapat didistribusikan dengan baik dan efesien pada bagian bagiannya, walaupun kondisi yang sedang terjadi saat ini tidaklah mudah untuk dilewati oleh perusahaan perusahaan. Tapi dengan Akutansi Manajemen yang dilakukan dengan baik, maka semuanya akan dapat dilewati dan membawa perusahaan melawati kondisi saat ini dengan baik.