Audit adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia bisnis. Namun, tahukah Anda bahwa kata “audit” berasal dari bahasa Latin yaitu “audire” yang berarti “mendengar”? Dalam bahasa Indonesia, audit diartikan sebagai pemeriksaan pembukuan tentang keuangan (perusahaan, bank, dan sebagainya) secara berkala.

Sejarah audit sudah ada sejak zaman dahulu kala. Konon, orang kaya pada masa lalu mempekerjakan penulis untuk mencatat kepemilikan mereka seperti ternak, gandum, perhiasan emas, dan lain-lain. Dalam perkembangannya, audit menjadi semakin penting terutama dalam dunia bisnis. Audit dilakukan untuk memastikan keakuratan laporan keuangan yang disajikan oleh organisasi atau perusahaan. Orang yang melakukan audit disebut dengan auditor.

Audit dilakukan dengan standar audit yang ada. Proses audit harus dikerjakan oleh orang yang kompeten dan juga harus independen. Audit dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa sistem pembukuan dan tata kelola perusahaan terhindar dari kesalahan penyajian atau penipuan (fraud).

Umumnya, audit diklasifikasikan dalam tiga kelompok, yaitu audit operasional atau operational audit, audit ketaatan atau compliance audit, dan audit laporan keuangan atau financial statement audit.

Tahapan dalam audit meliputi perencanaan, pengumpulan data, evaluasi data, pelaporan, dan tindak lanjut. Laporan yang baik dan bagus adalah laporan yang telah diaudit. Proses audit harus dilakukan secara mandiri, sistematis, dan terdokumentasi dengan baik guna memperoleh bukti audit tersebut.

Keterampilan komunikasi adalah keterampilan yang paling penting bagi seorang auditor. Selain itu, seorang auditor juga harus memiliki keterampilan analitis, pemecahan masalah, dan pemikiran inovatif.

Dalam dunia bisnis, audit sangat penting untuk memastikan keakuratan laporan keuangan dan mencegah terjadinya fraud. Oleh karena itu, audit menjadi salah satu profesi yang diminati oleh banyak orang. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang auditor, pastikan Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan dan memahami standar audit yang berlaku.

Dalam kesimpulannya, audit adalah pemeriksaan pembukuan tentang keuangan (perusahaan, bank, dan sebagainya) secara berkala. Kata “audit” berasal dari bahasa Latin yaitu “audire” yang berarti “mendengar”. Audit dilakukan untuk memastikan keakuratan laporan keuangan yang disajikan oleh organisasi atau perusahaan. Audit sangat penting untuk memastikan keakuratan laporan keuangan dan mencegah terjadinya fraud dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, audit menjadi salah satu profesi yang diminati oleh banyak orang.

Referensi :

https://www.ppak.co.id/artikel/asal-kata-audit-mendengar

https://jagokata.com/arti-kata/audit.html

https://money.kompas.com/read/2021/07/29/061710226/apa-itu-audit-definisi-jenis-dan-tahapannya-dalam-perusahaan

Image Source: Google Images