Author: Jonathan Theodore Kesuma & Nicholas Reinaldy

Saat ini, perkembangan teknologi di dunia sangat pesat. Setiap negara berlomba-lomba menjadi pemimpin dalam penerapan Industry 4.0. Beberapa teknologi yang populer dalam penerapan Industri 4.0 adalah blockchain, cloud computing, machine learning, big data, serta artificial intelligence. Cloud computing adalah salah satu teknologi yang sudah diterapkan dan mulai populer dalam bidang akuntansi karena memberikan berbagai macam keuntungan, seperti mobilitas dan kepraktisan.

Perusahaan besar seringkali mengalami masalah dengan software ERP tradisional, terlebih perusahaan besar yang memiliki operasional sangat rumit. Masalah tersebut bisa berupa software ERP yang harus dipasang manual pada setiap komputer, biaya lisensi yang diihitung berdasarkan user, ataupun saldo akun yang tidak real-time karena harus input manual. Masalah-masalah tersebut dapat dieliminasi dengan penerapan teknologi cloud computing untuk akuntansi.

Salah satu perusahaan yang menawarkan inovasi cloud computing dalam bidang akuntansi adalah FinancialForce. Mereka menawarkan software ERP berbasis cloud. Pada dasarnya software ERP berbasis cloud sama dengan ERP tradisional, yang menjadi perbedaan adalah software ERP cloud dihost pada remote server. Dengan begitu, semua fungsi software ini dijalankan secara cloud, bukan pada komputer pengguna. Keuntungannya, pengguna dapat mengakses software secara jarak jauh tanpa halangan dengan menggunakan internet, sehingga memungkinkan pengguna untuk saling berkolaborasi dengan departemen lain maupun dengan cabang.

Keuntungan lainnya adalah pengguna tidak perlu menghabiskan waktu untuk memasang software pada setiap komputer karena pengguna dapat langsung menggunakan software secara cloud. Software ERP cloud juga menggunakan sistem berlangganan. Sistem ini menguntungkan pengguna karena selama masa berlanggan pengguna akan selalu menerima versi terbaru tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Hal ini berbeda dengan software ERP tradisional yang bersifat sekali beli karena pengguna harus selalu membeli kembali versi terbaru jika vendor mengeluarkan versi baru dan memberhentikan dukungan untuk versi lama.

Software ERP cloud juga memiliki keunggulan dari segi proses data, software ini akan selalu memperbarui data dan informasi finansial secara real-time. Akibatnya, saldo akun akan selalu akurat dan meminimalisir error karena tidak diproses secara manual. Dari segi keamanan, software ERP cloud juga unggul dibanding software ERP tradisional karena data disimpan secara cloud. Jika perusahaan mengalami pencurian komputer, maka data finansial yang penting tidak akan tersebar atau hilang karena data tidak disimpan dalam komputer.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu menghabiskan waktu untuk membackup setiap data secara manual karena software ERP cloud akan selalu otomatis membackup data. FinancialForce tidak hanya menyediakan server backup dalam 1 lokasi, melainkan tersebar dalam beberapa lokasi. Sehingga, jika terjadi force majeur terhadap server tertentu, data tidak akan hilang.

Pada akhirnya dengan segala keuntungan diatas, perusahaan dapat melakukan penghematan lebih besar dalam pengeluaran infrastruktur dan IT sehingga perusahaan dapat mengepakkan sayap lebih lebar dalam ekspansi bisnis.

Referensi:

Image Sources: Google Image

JTK