Accounting

Memanfaatkan Software Akuntansi Online untuk Membuat Laporan Keuangan

Author: Jonathan Theodore Kesuma

Teknologi terus berkembang dengan seiring berjalannya waktu, hal tersebut sejalan dengan banyaknya program atau software akuntansi online yang bisa anda jumpai di internet saat ini. Tak dapat dipungkiri bahwa software akuntansi panen tersebut bisa sangat membantu dan memindahkan Anda sebagai pebisnis dalam membuat laporan keuangan perusahaan. Baik itu bisnis offline ataupun bisnis online, pasti perlu dibuat laporan arus kas supaya neraca keuangan bisa dipantau dengan baik. 

Dengan tersedianya pembukuan keuangan sederhana, anda sudah bisa mengetahui perbandingan secara jelas dari rencana kegiatan dan juga pelaksanaan dan dilakukan. Tetapi demikian, ketika memilih software akuntansi, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal tersebut memiliki tujuan supaya aplikasi akuntansi online yang Anda gunakan memang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang anda kelola. Nah supaya Anda mampu membuat laporan keuangan dengan memanfaatkan software akuntansi online, maka Anda perlu mengetahui panduan dalam memilih software akuntansi yang tepat, yaitu:

1. Kemudahan penggunaan

Sekarang sudah banyak tersedia software akuntansi online yang makan bisa digunakan secara gratis. Tapi sebaiknya anda tetap memilih software akuntansi yang paling mudah digunakan, Salah satunya yaitu bahasa operasional yang digunakan. Semakin software akuntansi mudah digunakan, maka Anda juga semakin mudah dalam mengoperasikannya. Apalagi anda masih awam seputar bidang akuntansi keuangan perusahaan.

Selain itu Anda juga perlu memastikan bahwa pengelolaan arus kas bisa dilakukan dengan sangat mudah, efektif dan terperinci. Fitur-fitur yang tersedia di dalam software akuntansi tersebut juga harus mudah dioperasikan. Dengan demikian, Anda mampu lebih menghemat waktu dengan menggunakan software akuntansi online karena datanya telah tersimpan dalam perangkat lunak tersebut.

2. Pemantauan secara real-time

Dalam memilih software akuntansi online, sebaiknya yang dapat memungkinkan anda untuk melakukan pemantauan secara real-time. Hal tersebut sangat penting sebab sebagai pebisnis, anda perlu mempunyai kendali penuh atas usaha yang sedang dikelola. Keadaan keuangan perusahaan harus dapat dipantau dimana saja dan kapan saja. Salah satunya profit margin dan jumlah piutang supaya perusahaan bisa menetapkan strategi bisnis dengan lebih efisien dan efektif.

3. Fitur kelola inventory

Ujung tombak kelancaran bisnis yang Anda kelola adalah ketersediaan stok barang. Oleh karena itu, Dengan hadirnya fitur kelola inventory dalam aplikasi akuntansi online yang Anda pilih bisa semakin membantu anda dalam mengelola  bisnis. Seperti keluar persediaan dengan mudah, akurat, dan real Time dengan didukung adanya kemampuan software akuntansi online. Software tersebut bisa semakin menarik apabila dapat memungkinkan Anda mengelola transfer barang antar gudang hingga stock-opname.

4. Sesuaikan dengan perkembangan bisnis

Anda perlu mempertimbangkan perihal keuangan perusahaan sebelum memutuskan untuk menggunakan software akuntansi online. Kemudian sesuaikan layanan yang dipilih dengan budget yang tersedia. Tetapi, usahakan jangan sampai hanya memperhatikan faktor budget saja sehingga Anda memilih software akuntansi online yang tidak mempunyai modal lengkap guna menyusun laporan keuangan bisnis. Yang perlu Anda ingat yaitu masing-masing software akuntansi online pasti menyediakan fitur yang berbeda-beda.

Manajemen keuangan memang sangat penting untuk dipantau serta dikelola secara real-time. mungkin hanya sedikit software akuntansi yang menawarkan harga terjangkau atau barang gratis dengan pengajiannya akurat. Untuk itu anda perlu cermat dalam mencarinya supaya dapat menggunakan software akuntansi online yang tepat.

Bibliography

Buat Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Online Gratis. (2018, May 11). Retrieved from: https://sleekr.co/blog/buat-laporan-keuangan-dengan-software-akuntansi-online-gratis/

Rukmiyati, N. M. S., & Budiartha, I. K. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Provinsi Balu). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.