Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Setiap karyawan mempunyai berbagai hak dari perusahaan dimana ia bekerja, salah satunya yaitu menerima slip gaji setiap bulan yang diberikan oleh perusahaan. Para karyawan bisa menggunakan bukti pembayaran tersebut sebagai salah satu dokumen pelengkap ketika melakukan pengajuan kredit ke bank. Slip gaji ini tidak hanya bermanfaat bagi karyawan sebagai penerima gaji saja, namun dokumen tersebut juga mempunyai fungsi bagi pihak pengelola perusahaan itu sendiri. Berikut ini merupakan fungsi slip gaji bagi pihak pengelola perusahaan.

• Transparansi Perusahaan dan Bukti Kredibilitas
Perusahaan atau instansi yang sudah mapan dan bisa memenuhi target pemasukan pasti tidak akan ragu menerbitkan slip gaji untuk tiap karyawannya. Slip gaji menjadi bukti pembayaran dari perusahaan supaya bisa menunjukkan kredibilitasnya, terutama terkait dengan pengelolaan administrasi keuangan pada perusahaan tersebut. Apalagi sekarang ini keterbukaan informasi terus dijunjung tinggi. Hal itu diartikan bahwa penerbitan slip gaji bisa di dilihat sebagai wujud transparansi keuangan perusahaan pada tiap karyawannya.

• Menjaga Loyalitas Karyawan
Di dalam slip gaji tentara rincian pemasukan dan beragam potongan yang ditanggung para karyawan. Komponen penting yang harus diketahui oleh setiap karyawan dalam rincian tersebut berupa baju pokok, bonus, tunjangan, dan potongan pajak. Dengan begitu tiap karyawan bisa benar-benar mengetahui apabila pemasukan yang ia terima setiap bulan berbeda. Apalagi jika perusahaan kerap memberikan bonus ataupun tunjangan di waktu-waktu tertentu.

Pemberian tunjangan dan bonus dari perusahaan tentu merupakan suatu hal yang menggembirakan bagi setiap karyawannya. Jika tiap karyawan benar-benar memahami mengenai adanya pemasukan diluar gaji pokok, pastinya karyawan bisa menjadi semakin giat dalam bekerja. Dengan tersedianya informasi tersebut juga bisa menjaga loyalitas karyawan pada perusahaan itu.

• Bekal Penilaian Kompetensi Karyawan
Bagian perusahaan mempersiapkan anggaran tambahan untuk karyawan yang sukarela bekerja lembur atau overtime. Informasi seputar seberapa sering karyawan sukarela bekerja lembur juga bisa ditemukan di dalam rincian slip gaji yang diterbitkan oleh perusahaan. Bukan hanya itu, terdapat juga informasi berupa besaran bonus yang diterima oleh karyawan jika ia mampu memenuhi rencana target perusahaan.
Informasi seputar frekuensi bekerja lembur dan besaran bonus yang berhak diterima karyawan atas kinerja nya bisa dijadikan sebagai bekal penilaian kompetensi pada karyawan itu sendiri. Itu berarti, slip gaji sebenarnya bisa juga berfungsi jika perusahaan mau menilai kompetensi tiap-tiap karyawannya. Jika dilihat secara logika, semakin baik kinerja dari seorang karyawan, maka pasti pemasukan diluar gaji pokok juga akan semakin meningkat.

• Panduan Distribusi Anggaran Gaji Pegawai
Masing-masing perusahaan pasti selalu mempunyai distribusi anggaran untuk gaji karyawan. Distribusi tersebut terus-menerus mengalami perubahan, apalagi jika perusahaan melakukan perekrutan karyawan atau pemutusan hubungan kerja. Pada saat perusahaan menerima karyawan magang pun, sebagian perusahaan akan mendistribusikan dana tambahan. Dana tambahan tersebut berbentuk tunjangan transportasi atau uang makan siang yang jumlahnya bisa saja berbeda dengan karyawan tetap.
Dengan adanya arsip slip gaji bisa dijadikan sebagai salah satu panduan yang bisa dipakai untuk membuat distribusi anggaran mengenai gaji karyawan. Apalagi jika perusahaan tersebut menunjukkan kenaikan gaji pokok untuk karyawan yang telah bekerja dalam jangka waktu tertentu.

• Bahan Pertimbangan Kebijakan Perusahaan di Bidang Keuangan
Dokumen slip gaji bisa juga dijadikan sebagai salah satu pertimbangan kebijakan perusahaan tertentu secara tidak langsung. Terutama kebijakan yang mengarah kepada kisaran gaji pokok beserta tunjangan yang sepatutnya diberikan kepada karyawan. Umumnya dengan seiring bertambahnya pemasukan perusahaan, maka distribusi untuk gaji ataupun fasilitas untuk karyawan seharusnya juga bisa ditingkatkan.

Bibliography

5 Manfaat Slip Gaji Karyawan Bagi Perusahaan (2018, November 14). Retrivied from: https://sleekr.co/blog/5-manfaat-slip-gaji-karyawan-bagi-perusahaan/

Nathalie, Argaretha (2013) Perancangan sistem informasi akuntansi dalam rangka meningkatkan keakuratan siklus penggajian perusahaan (studi kasus: perusahaan panel elektrik). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

Image Sources: Google Image

JT