Akuntansi merupakan sebuah rangkaian aktivitas yang mengidentifikasi, mengumpulkan, menganalisis, dan mencatat pelaporan keuangan berdasarkan dari data yang diperoleh untuk menyajikan laporan keuangan yang memadai dan berkualitas yang menggambarkan prospek kinerja perusahaan sebagai acuan untuk mengambil keputusan di masa mendatang. Untuk melaksanakan rangkaian kegiatan tersebut, para akuntan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menyelesaikan laporan keuangan pada waktu tenggat yang ditentukan. Bagaimana bila dengan hadirnya teknologi menyebabkan perubahan secara besar terhadap proses akuntansi tersebut? Pernahkah anda membayangkan seiring dengan perkembangan zaman, akuntansi terus mengalami pembaruan dari segi pencatatan, penulisan, hingga menjadi sistem informasi yang dapat merekap seluruh data secara otomatis?

Kemajuan di bidang teknologi informasi mendorong perubahan secara signifikan dengan mengotomatisasikan proses akuntansi yang menyebabkan kinerja menjadi lebih efektif dan efisien yang mampu selesai dengan cepat dan akurat. Berdasarkan penelitian (Törnqvist & Forss, 2018) bahwa di masa transformasi digital saat ini telah menghadirkan berbagai teknologi yang berpengaruh terhadap dunia industri perekonomian dan para akuntan, seperti big data, blockchain, cloud accounting, dan internet of things yang mampu menyelesaikan pekerjaan secara cepat dengan menyajikan informasi secara real-time dan up to date. Perkembangan akuntansi menjadi sangat pesat dengan pengolahan data keuangan ataupun non-keuangan menjadi lebih fleksibel dimana para akuntan dapat menyelesaikan pekerjaan darimana pun selama terhubung dengan jaringan internet. Tetapi, kelemahan utama dari hal ini adalah bahwa masih kurangnya pengalaman dalam bekerja Bersama teknologi serta kurang terbukanya manusia untuk dapat beradaptasi dengan teknologi.

ANM

REFERENSI:

Törnqvist, E., & Forss, L. (2018). Automated accounting in accounting firms – A qualitative study on impacts and attitudes. 1–88. https://pdfs.semanticscholar.org/9c26/dfea081fd035a6070e382f1b5f0727faa37a.pdf

https://www.omniaccounts.co.za/articles/computerised-vs-manual-accounting