Komponen tubuh manusia terdiri dari tangan, kaki, mata, telinga, mulut hidung dan lain sebagainya. Komponen sistem komputer terdiri dari printer, keyboard, mouse, sistem operasi, sistem aplikasi dan lain sebagainya. Proses pembelajaran terdiri dari dosen, mahasiswa, jaringan internet dan lain sebagainya.

Begitu juga dalam perusahaan. Sistem penggajian perusahaan terdiri dari berbagai komponen seperti :

  1. Komponen input ialah data yang masuk ke dalam sistem informasi
  2. Komponen model ialah kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan guna menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  3. Komponen output ialah hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen dan semua pemakai sistem.
  4. Komponen teknologi ialah teknologi yang digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output.
  5. Komponen basis data ialah kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  6. Komponen kontrol ialah komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.

Semua contoh diatas menurut Romney dan Steinbart (2016) disebut sebagai komponen sistem.

Komponen sistem adalah suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artnya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan, dapat berupa suatu subsistem atau bagian dari sistem (Jogiyanto H.M, 2010).  Komponen sistem adalah keseluruhan makna yang terdiri dari sejumlah elemen, dimana antara elemen yang satu dengan elemen lainnya memiliki ciri khusus yang berbeda-beda (Aminuddin; 2008). Komponen adalah bagian dari suatu sistem yang mempunyai peran penting di dalam keseluruhan aspek berlangsungnya suatu proses dalam pencapaian suatu tujuan di dalam sistem (Tataart study : 2012).

Dari pendapat para pakar diatas dapat dikatakan bahwa komponen sistem dapat berupa sub komponen/sub unsur/sub sistem/bagian-bagian dari sistem.

Romney dan Steinbart (2016) menyatakan ada enam komponen sistem dari sistem informasi akuntansi :

  1. Orang yang menggunakan sistem
  2. Prosedur dan instruksi yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data.
  3. Data mengenai organisasi dan aktivitas bisnisnya.
  4. Software yang digunakan untuk mengolah data
  5. Infrastruktur teknologi informasi, meliputi komputer, perangkat periferal, dan perangkat jaringan komunikasi yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi.
  6. Pengendalian internal dan pengukuran keamanan yang menyimpan data sistem informasi akuntansi.

Menurut John Burch dan Gary Grudnitski, sistem terdiri dari komponen-komponen yang disebut dengan blok bangunan, yaitu :

  1. Blok masukan, yaitu input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi.
  2. Blok model, yaitu kombinasi prosedur, logika dan model metematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  3. Blok keluaran. Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen.
  4. Blok teknologi, yaitu teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
  5. Blok basis data, yaitu kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras computer dan digunakan software untuk memanipulasinya.
  6. Blok kendali, yaitu pengendalian yang dirancang untuk menyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

Dari pendapat para pakar diatas dapat dikatakan bahwa komponen sistem terdiri dari input, proses, output.

Referensi

Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul Jhon, (2016), Sistem Informasi Akuntansi, Diterjemahkan oleh Kikin dan Novita, Salemba Empat, Jakarta.

MY