DENGAR PENDAPAT PUBLIK (PUBLIC HEARING) “DE AMENDEMEN PSAK 1 & DE AMENDEMEN PSAK 71, 55 DAN 60”

Ikatan Akuntan Indonesia melaksanakan webinar  Dengar Pendapat Publik (Public Hearing) pada tanggal 10 Juni 2020 atas 2 (dua) Draft Eksposur (DE) yang telah disahkan Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) yaitu:

  1. Draf Eksposur Amendemen PSAK 1 Penyajian Laporan Keuangan tentang Klasifikasi Liabilitas sebagai Jangka Pendek atau Jangka Panjang.
  2. Draf Eksposur Amendemen PSAK 71 Instrumen Keuangan, Amendemen PSAK 55: Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran, dan Amendemen PSAK 60: Instrumen Keuangan: Pengungkapan tentang Reformasi Acuan Suku Bunga.

Webinar diikuti oleh lebih dari 380 peserta yang terdiri dari perusahaan tercatat (emiten), perusahaan swasta, akuntan publik, konsultan, akademisi dan publik. Acara dibuka oleh Ibu Mia Nainggolan (Direktur Teknis IAI) yang bertindak sebagai moderator acara dan Bapak Severinus Indra Wijaya (Wakil Ketua DSAK IAI) yang menyampaikan pembukaan mewakili DSAK IAI. Pemaparan materi 2 (dua) DE Amendemen disampaikan masing-masing oleh 2 (dua) anggota DSAK IAI yaitu Bapak Singgih Wijayana  dan Bapak Hendradi Setiawan. Dua anggota DSAK IAI lainnya yaitu Ibu Devi Sulistyo Kalanjati dan Ibu Ersa Tri Wahyuni turut mengambil bagian dalam menanggapi banyaknya pertanyaan dalam sesi tanya jawab yang merupakan suatu interaksi yang sangat menarik dan tentunya sangat berguna bagi peserta untuk lebih memahami 2 (dua) DE Amendemen tersebut.

Sebelum acara berakhir,  DSAK IAI Kembali mengingatkan partisipasi publik untuk memberikan tanggapan tertulis, yang disertai dengan dasar serta alasan yang mendukung, atas 2 (dua) DE tersebut yang dapat disampaikan secara online melalui link https://bit.ly/form-tanggapan-de-amendemen-psak-1 dan https://bit.ly/form-tanggapan-de-amendemen-psak-71-55-60 atau melalui email ke: dsak@iaiglobal.or.id  paling lambat pada :

  • tanggal 19 Juni 2020 untuk DE Amendemen PSAK 71, Amendemen PSAK 55, dan Amendemen PSAK 60, dan
  • tanggal 31 Agustus 2020 untuk DE Amendemen PSAK 1 (perpanjangan tanggal tutup komentar dari sebelumnya tanggal 26 Mei 2020).

Materi presentasi public hearing tersebut dapat diunduh melalui tautan berikut http://www.iaiglobal.or.id/v03/materi-publikasi/materi-162.

Sumber: http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-1285-dengar-pendapat-publik-public-hearing-%E2%80%9Cde-amendemen-psak-1–de-amendemen-psak-71-55-dan-60%E2%80%9D