Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pertumbuhan Perekonomian Indonesia

Pandemi Covid-19 merupakan pandemi yang menyebar secara global di awal tahun 2020, dimana virus tersebut mendorong pemerintah untuk melakukan lockdown terhadap suatu wilayah, work from home, merugikan banyak pihak dan memiliki pengaruh yang negatif terhadap segala hal terutama pada perekonomian. Berdasarkan kata “Ilmu Ekonomi” menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dalam (kompasiana.com) menjelaskan bahwa jika pengertiannya dikaitkan dengan kegiatan produksi, distribuisi, dan konsumsi, maka juga menghasilkan pendapatan.┬áPendapatan yang dimaksud adalah berupa uang atau modal lainnya. Dijelaskan bahwa ilmu ekonomi dapat digunakan untuk acuan mengatur perekonomian negara, organisasi atau perusahaan, atau unit eknomi terkecil (rumah tangga). Adanya pertumbuhan ekonomi dapat menciptakan pembangunan berkelanjutan serta perkembangan pada tiap daerah yang dialokasikan. Dengan hadirnya pandemi Covid-19 dapat mengakibatkan pertumbuhan perekonomian negara menjadi negatif.

Pertumbuhan perekonomian Indonesia iperkirakan akan menyentuh negatif 0,4% berdasarkan prediksi dari Bank Indonesia, LPS, dan OJK. Hal ini dapat terjadi jika pandemi virus corona (Covid-19) terus berlangsung dalam waktu jangka panjang. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan menjadi terhambat. Saat ini, penurunan terjadi pada berbagai sektor khususnya pariwisata, kota wisata yang sepi, konsumsi rumah tangga, dan investasi yang terus menurun. Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia (menyampaikan bahwa penurunan lainnya juga terjadi pada UMKM dimana para pelaku usaha tidak dapat menjalani kegiatan usahanya sehingga terganggu kemampuan memenuhi kewajiban kredit. Hal ini membuat NPL kredit perbankan untuk UMKM dapat meningkat secara signifikan. Sehingga berpotensi semakin memperburuk kondisi perekonomian.

Adanya pandemic Covid-19 menyebabkan banyak kerugian berbagai pihak mulai dari pusat perbelanjaan yang sepi, pariwisata serta tempat rekreasi dengan pengunjung yang minim sehingga berakibat terhadap menurunnya perekonomian negara. Salah satu cara yang dikeluarkan oleh pemerintah adalah dengan lockdown wilayah-wilayah demi mengurangi penyebaran pandemic Covid-19 lebih lanjut. Perekonomian Indonesia jelas akan mengalami penurunan dalam beberapa bulan ini dimulai dari Maret 2020 hingga pandemi Covid-19 berkurang. Hanya saja, agar penyebaran dapat berkurang diperlukan kerjasama dengan masyarakat untuk tetap berada dirumah dan mendukung program pemerintah agar pandemi covid-19 tidak berlangsung secara jangka Panjang.

ANM

Referensi:

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4216385/skenario-terburuk-dampak-corona-ekonomi-indonesia-tumbuh-negatif-04-persen

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4957376/begini-virus-corona-lumpuhkan-ekonomi-ri

https://www.kompasiana.com/surya38822/5d40ffbf097f3608e035ca84/pengertian-ilmu-ekonomi-menurut-para-ahli