Auditor Dengan Pengalaman Kerja Luar Negeri dan Kualitas Audit.

Audit yang berkualitas dipengaruhi oleh kemampuan dan kapasitas auditornya. Setiap individu auditor mempunyai latar belakang, tata nilai, budaya, dan kepercayaan yang berbeda-beda. Hal tersebut akan mempengaruhi cara berpikir dan pengambilan keputusan-keputusan serta judgement seorang auditor. Di negara berkembang, individu yang belajar atau bekerja di luar negeri akan mampu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga akan memberikan kualitas yang lebih baik dalam pekerjaannya.

Berdasarkan ide tersebut penelitian ini ingin menguji lebih jauh apakah, dalam konteks negara berkembang, auditor yang mempunyai pengalaman kerja di luar negeri berkaitan degan kualitas audit yang dihasilkannya. Penelitian ini mengambil sampel perusahaan-perusahaan di Cina. Sampel ini unik karena Cina merupakan suatu negara yang mewajibkan kantor akuntan publik untuk mengungkapkan tim audit yang melaksanakan penugasan pada perusahaan.

Studi ini menemukan adanya keterkaitan yang positif antara individu auditor yang mempunyai pengalaman kerja luar negeri dengan kualitas audit yang dihasilkan yang ditunjukkan dengan menurunnya akrual, transaksi below the line, dan audit aggresive reporting. Selain itu juga terdapat keterkaitan positif antara signing partner yang mempunyai pengalaman kerja luar negeri dengan prediksi analis yang akurat dan dispersi analis.

Menarik bukan? Silakan digali lebih jauh mengenai artikel ini

Chen, X., Dai, Y., Kong, D., & Tan, W. (2017). Effect of international working experience of individual auditors on audit quality: Evidence from China. Journal of Business Finance & Accounting44(7-8), 1073-1108.

#accountingresearchcorner #auditquality #auditor

HK