Adaptasi Pengajaran Akuntansi

Menurut Azizul Islam dari Jurusan Akuntansi, Quensland University of Technology (Brisbane, Australia), ada tiga perubahan dalam pengajaran dan penelitian akuntansi dimasa yang akan datang terkait dengan kemajuan teknologi informasi terkini.

Di tengah-tengah hiruk pikuknya pendapat tentang profesi akuntansi, menurut Azizul Islam. Profesi akuntansi akan menghadapi perubahan signifikan dalam tiga dekade mendatang, dan organisasi profesional, anggota mereka, dan lembaga pendidikan harus merespons. Tiga perubahan – teknologi pintar dan digital yang terus berkembang, globalisasi standar pelaporan / pengungkapan yang berlanjut, dan bentuk-bentuk baru regulasi.

Tiga hal tersebut  menurut Azizul Islam adalah :

Pertama, akuntan akan menggunakan teknologi yang semakin canggih dan pintar untuk meningkatkan cara kerja tradisional mereka, dan teknologi ini bahkan mungkin menggantikan pendekatan tradisional. Sistem perangkat lunak pintar (termasuk cloud computing) akan mendukung tren layanan outsourcing (termasuk lebih banyak outsourcing di luar negeri), dan penggunaan media sosial yang lebih besar melalui teknologi pintar akan meningkatkan kolaborasi, pengungkapan, keterlibatan dengan para pemangku kepentingan dan masyarakat yang lebih luas. Media sosial akan mengungkapkan lebih banyak data daripada laporan jaminan perusahaan apa pun dan pemangku kepentingan akan menggunakan alat untuk menafsirkan “data besar” (lihat Data Besar ACCA: Ini Kekuatan dan Bahaya).

Kedua, globalisasi yang berkelanjutan akan menciptakan lebih banyak peluang dan tantangan bagi anggota profesi akuntansi. Sementara globalisasi mendorong aliran uang bebas dari satu pasar modal ke pasar modal lainnya, kegiatan outsourcing di luar negeri yang ditingkatkan dan transfer keterampilan teknis dan profesional secara bersamaan akan terus menimbulkan ancaman untuk menyelesaikan masalah lokal.

Ketiga, peningkatan regulasi, dan aturan pengungkapan terkait, akan memiliki dampak terbesar pada profesi selama bertahun-tahun yang akan datang. Misalnya, peningkatan regulasi akan segera terjadi karena penghindaran pajak besar-besaran, penetapan harga transfer, dan pencucian yang diekspos melalui surat-surat panama. Banyak akuntan profesional (pajak) akan terpengaruh oleh tindakan pajak antar pemerintah untuk membatasi erosi dasar dan pengalihan laba.

Oleh karenanya, sebagai pengajar dan peneliti akuntansi kita harus mengantisipasi dan harus segera beradaptasi agar pengajaran dan penelitian kita tetap up to date dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknolofgi informasi yang demikian cepat.

 

Referensi.Sumber:

https://www.ifac.org/knowledge-gateway/preparing-future-ready-professionals/discussion/future-accounting-profession-three

 

TR

AUDIT CLIENTS

Image Source: Google Image