Standar berbasis aturan diisi dengan perincian spesifik untuk memenuhi kemungkinan kontinjensi sebanyak mungkin. Seharusnya, standar berbasis aturan adalah hasil dari persiapan yang menuntutnya.

Standar berbasis prinsip didasarkan pada kerangka konseptual yang memberikan dasar luas bagi akuntan untuk diikuti, bukan daftar aturan.3 Standar berbasis prinsip berfokus pada substansi ekonomi dari suatu transaksi, yang melibatkan pertimbangan profesional dan keahlian dari mereka yang menyiapkan laporan keuangan.

Aturan terkadang tidak dapat dihindari. Maksud dari standar berbasis prinsip bukan untuk memberikan panduan khusus untuk setiap situasi yang mungkin terjadi tetapi diarahkan pada prinsip Kerangka Konseptual.

IASB mengikuti pendekatan berbasis prinsip untuk pengaturan standar. Di Amerika Serikat, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB) dan Securities and Exchange Commission (SEC) menderita keuntungan dan kerugian dari standar berbasis aturan dan berbasis prinsip.

Menurut Nobes, keuntungan dari standar berbasis aturan adalah:

  • pedoman yang lebih baik bila tidak ada prinsip yang jelas dan tepat
  • panduan yang lebih baik di mana standar tidak konsisten dengan kerangka kerja konseptual pembuat standar
  • peningkatan keterbandingan antara laporan keuangan
  • akurasi yang lebih baik yang digunakan pembuat standar untuk mengomunikasikan maksud dan persyaratan mereka
  • mengurangi ketidaktepatan yang mengarah pada pilihan pelaporan yang agresif oleh manajemen
  • mengurangi kesempatan untuk manajemen laba melalui penilaian
  • peningkatan verifikasi bagi auditor dan regulator
  • mengurangi paparan litigasi untuk suatu entitas dan auditornya ketika peraturan diterapkan dengan benar.

Keuntungan ini, bagaimanapun, tampaknya tidak dapat mengatasi kerugian yang dirasakan dari standar berbasis aturan dan keuntungan yang dirasakan dari standar berbasis.

Standar berbasis aturan memiliki beberapa kelemahan yang signifikan, sebagian besar terkait dengan upaya untuk mencakup semua kontinjensi. Keanekaragaman entitas dan banyaknya situasi unik yang dicakup oleh sistem pelaporan memunculkan beberapa masalah tertentu.

  • Standar berbasis aturan bisa sangat kompleks, dan kompleksitas dapat menyebabkan kebingungan dan bahkan manipulasi.
  • Menjabarkan aturan untuk setiap situasi potensial menghasilkan organisasi yang mampu menyusun transaksi untuk menghindari pelaporan yang tidak menguntungkan. Enron adalah contoh yang baik, di mana entitas tujuan khusus digunakan untuk menutupi posisi keuangan yang tidak menguntungkan yang dihadapinya.
  • Standar terperinci kemungkinan besar tidak lengkap atau bahkan usang pada saat dikeluarkan.
  • Kepatuhan yang dimanipulasi terhadap aturan membuat audit menjadi lebih sulit karena manajer dapat membenarkan manipulasi mereka sebagai kepatuhan. Kepatuhan terhadap hukum tertulis mungkin bertentangan dengan semangat hukum itu.

Standar berbasis prinsip mencerminkan aplikasi yang lebih konsisten dari kerangka kerja konseptual yang mendasari daripada standar berbasis aturan. Setelah berinvestasi besar-besaran dalam kerangka konseptual, profesi akuntansi tidak ingin melihatnya diremehkan. Kerangka konseptual ini memberikan dasar bagi konsistensi dan fleksibilitas yang melekat dalam sistem berbasis prinsip.

  • Standar berbasis prinsip harus lebih sederhana daripada standar berbasis aturan. Contoh-contoh yang diberikan mengilustrasikan betapa sederhananya sebuah standar ketika didasarkan pada prinsip daripada banyak aturan.
  • Standar berbasis prinsip memberikan panduan luas yang dapat diterapkan pada banyak situasi.
  • Pedoman luas dapat meningkatkan kesetiaan representasi laporan keuangan.
  • Standar berbasis prinsip memungkinkan akuntan untuk menggunakan penilaian profesional mereka dalam menilai substansi transaksi. Menggunakan penilaian mereka adalah layanan yang ditawarkan akuntan kepada klien mereka, jadi standar berbasis prinsip menyoroti profesionalisme mereka.
  • Bukti menunjukkan bahwa manajer cenderung tidak mencoba manajemen laba ketika dihadapkan dengan standar berbasis prinsip. Dengan standar berbasis aturan, penataan transaksi dengan cara tertentu adalah ‘hitam atau putih’. Penggunaan prinsip membuat penataan lebih sulit untuk dibenarkan. Auditor cenderung tidak mengizinkan manajemen laba ketika standar didasarkan pada prinsip.

Terlepas dari hal-hal positif ini, semua sistem standar memiliki kelemahan yang melekat. Garis lintang yang melekat pada standar berbasis prinsip adalah ‘pedang bermata dua’, di mana manajer dapat memilih perlakuan yang mencerminkan substansi ekonomi yang mendasari transaksi dan yang tidak. Manajer, anggota komite audit, dan auditor harus memiliki keinginan untuk pelaporan yang tidak bias dan keahlian untuk mencapai perlakuan yang mencerminkan substansi ekonomi yang mendasarinya. Bahkan ketika pernyataan berisi dihasilkan, penilaian dan pilihan yang terlibat dalam banyak keputusan berarti bahwa daya banding antara laporan keuangan dapat dikurangi.

Bahan dari buku:

  • Michaela Rankin, Kimberly Ferlauto, Susan McGowan, Patricia Stanton. (2018). Contemporary Issues in Accounting. 2. John Wiley & Sons. Australia. ISBN: 9780730343530. Chapter 3