People Innovation Excellence
 

OJK OPTIMALKAN PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) PERESMIAN BUM-DESA CENTER MAJU BERSAMA DESA TUNJUNGTIRTO, KECAMATAN SINGOSARI, KABUPATEN MALANG

OJK OPTIMALKAN PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes)

Peresmian BUM-Desa Center Maju Bersama

Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang

Related image

Kabupaten Malang, 13 November 2018. Otoritas Jasa Keuangan mendorong optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mewujudkan perekonomian yang inklusif sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Demikian disampaikan Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK Riswinandi dalam peresmian BUMDes Center Maju Bersama Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Selasa.

Hadir dalam peresmian tersebut Anggota Komisi XI DPR-RI Andreas Eddy Susetyo, Plt Bupati Malang Sanusi, Kepala OJK Malang Widodo, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Catur Budi Harto dan Kepala Desa Tunjungtirta, Hanik Dwi Martya.

Peresmian BUM-desa Center “Maju Bersama” Desa Tunjungtirto merupakan kelanjutan dari dari peresmian BUM-desa Center Jaya Makmur di Desa Traktakan, Kabupaten Bondowoso pada tanggal 27 Agustus 2018 oleh Ketua Dewan Komisioner OJK.

Skema BUMDes Center dikembangkan agar menjadi sebuah role model yang ideal bagi pengurus BUMDes karena telah diperkuat oleh 3 pilar utama yaitu:

  1. Pilar kelembagaan dan bisnis, BUMDes yang telah memiliki legalitas badan hukum didorong mendirikan unit usaha berbasis potensi desa melalui fasilitasi business matching agar mampu menjadi penggerak ekonomi desa.
  2. Pilar akses keuangan, optimalisasi aktivitas ekonomi masyarakat desa melalui ketersediaan akses keuangan di BUMDes.
  3. Pilar digitalisasi, selain berperan sebagai offtaker terhadap hasil produksi masyarakat desa, BUMDes juga memfasilitasi masyarakat desa untuk mengakses pasar melalui platform market place yang dikembangkan melalui ekosistem BUMDes yaitu BUM-desa Online.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan tersebut, dilakukan workshop pengembangan BUMDes bagi kurang lebih 170 orang dari 85 pengurus BUMDes di Kabupaten Malang dan Kota Batu yang bertempat di Hotel Savana Malang.

Kegiatan workshop tersebut dilakukan untuk memberikan perspektif bagi pengurus BUMDes dalam meningkatkan kapasitas pengelolaan bisnisnya sehingga mampu memberikan manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Siaran-Pers-OJK-Optimalkan-Peran-Badan-Usaha-Milik-Desa-BUMDes.aspx

MSD


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close